Dalam kenangan

M

asih terngiang jelas saat malam itu ayahnya affan menelepon dengan suara bergetar “ikhlaskan ya ma…ikhlaskan ya ma…”

Innalillahi wa innailaihi rojiun…bapak mertua (bapak) telah kembali pada Nya. Begitu cepat engkau pergi…

Bapak..setiap mengingat engkau yang tergambar begitu banyak kebaikan kebaikan engkau, kasih sayang, ketulusan, pengertian, keihklasan…dan ah….meskipun setiap ingat masih tidak terasa berlinang air mata ini…namun insyaAllah kami ikhlas…doa kami selalu untukmu Bapak…mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah..mengampuni dosa, menerima amal amal nya dan menempatkan dalam golongan hamba hamba yang sholeh..

Ah…bapak, kami akan selalu ingat pesanmu, sehari sebelum engkau pergi, engkau menelepon anak anakmu dan berpesan untuk selalu rukun.

Dan sebelum kepergianmu pun, engkau dikelilingi orang orang yang engkau cintai…engkau bilang : minta maaf atas semua salah dan bilang ini sudah waktuku pergi..

Subhanallah bapak….insyaAllah semoga khusnul khotimah…kami selalu berdoa untukmu

Sungguh engkau menjadi teladan yang nyata bagi kami…sebelum kepergianmu engkau sudah menunaikan sholat maghrib..menyebut asma Allah…

Dan bahkan engkau menutupkan mata dengan tanganmu sendiri…

Bapak…saya belum mampu membalas kebaikan engkau…belum banyak membahagiakanmu…

Dalam perjalanan dari Jogja menuju rumah duka..dalam hati saya berjanji dan berdoa insyaallah akan  berusaha dan semoga menjadi lebih baik lagi untuk orang orang yang engkau cintai :Ibu,suami,anak dan saudara2.

Engkau yang selalu menunggui saat kelahiran cucumu…jam berapapun ada kabar kalau kita sudah di rs, engkau dan rombongan keluarga langsung ke rs di Jogja dan menunggu..bahkan untuk kelahiran kaysa kemarin engkau dan Ibu menunggu tidur di rs sampai saatnya pulang…

Ah..kalau diingat banyak sekali kenangan kebaikan hatimu untukku..dan aku merasakan ketulusan itu…segala sesuatu tampak begitu nyata dan tersadar, ketika telah pergi…

Saya selalu kagum dengan bapak dgn kebaikannya…sehingga meskipun engkau hanya punya putra kandung 3, namun engkau punya anak anak lain yang sudah menganggap engkau sebagai bapak…dan menambah saudara kami…

dan seperti SMS suami…salah satu hal yg membuat ikhlas…banyak yg datang mendoakan..bahkan rombongan pengajian dijogja yg belum lama engkau kenal, bgtu mendengar kabar langsung berangkat menuju sukoharjo mendoakanmu…
Dan juga suami berada disamping bapak di saat saat terakhirnya.

Bapak engkau telah mengajarkan kami banyak Hal…tidak..tidak dengan menggebu gebu Kata kata…namun dengan perbuatan, santun, keikhlasan, kasih sayang dan cinta…

Semoga Allah membangunkan ‘rumah’ yang jauh jauh dan sangat indah di surga Nya… Seperti engkau bapak telah meletakkan sepenuh hati engkau sebagai pondasi pertama di rumah kami…home is where the heart is

Advertisements

pertanyaan affan

hai semua teman-teman… *sapu sapu debu blog dulu*
kali ini mau nulisin seputar pertanyaan pertanyaan affan terkait adek cikal…
Alhamdulillah bumil dan adek sehat..tiap ngelihat di tv ada baby, affan seringnya lari ke saya, sambil pegang perut terus bilang ‘ini adek’ atau ‘ada adek di perut ibu’.
Dan kadang bilang juga ‘perut ibu besar ada adeknya’..atau tar ‘peluuuk adek’ trs ‘sayang adek’.
Nha ini beberapa pertanyaaan affan
yang pernah ditanyain
1. Di perut ayah ada adeknya juga gak?
2. Kenapa kok adek ditaruh di perut?
3. Perutnya bisa dilepas gak? Mau lihat adek
4. Perutnya bisa dicopot dulu gak?
5. Keluarnya gimana?
6. Adek keluarnya buka perut pake obeng? Hihihi…ini mah pengaruh suka nonton handy manny dan perkakas

yang so sweet, baru sekali saya cerita tara setelah lahir adek diadzanin di telinga sama ayah. Eh tadi aff bilang ‘tar kl adek lahir aku adzan allahu akbar allahu akbar’

bismillah..insyaallah..semoga semua sehat sehat selalu..amin

Review : gendongan

Hai blog.. I miss u so much…

Kali ini mau posting tentang review gendongan..

Jadi setelah Affan mulai Playgrup, meski deket , tetep dianter pakai motor. Yang nganter Mbak riz. Untuk keperluan naik motor, walaupun Affan udah bisa naik motor sambil duduk di depan sendiri, tapi itu gak aman , bolehlah kalau cuman untuk main-main sebentar. Dan kalau naik motor sambil di gendong kain jarit juga ngerasa gak aman.

Jadinya saya browsing2 berharap ada gendongan yang bisa untuk bonceng naik motor dengan aman. Pilihannya jatuh ke Cuddle Me Carrier , bisa dilihat (gambar diambil) di sini

Pas dateng..dan dicoba. gendong belakang..wow.ternyata enak..kuat..dan ngerasa aman…sama menurut saya meski ini produk lokal..namun kokoh dan kyk pakai tas punggung gitu…beban gak gitu kerasa banget..karena enak tuk di lengannnya …

Dan ini bisa untuk berat anak sampai 20 kg. Karena awalnya ragu-ragu karena Affan kan dah 2 tahun lebih, apakah bisa? ternyata bisa karena BB affan masih sekitaran 12 kilo.. Cuman memang untuk hoodnya (penutup kepalanya dah kekecilan yak…itu bisa untuk baby yang masih kecil gitu sebagai penutup kalau menyusui).. tapi gak pakai hood juga gpp…

PAs awal di gendong belakang Affan kesenengan cekikikan..karena kan memang anak kecil seneng kalau di gendong belakang….

Untuk foot strapnya (pijakan kakinya) juga enak… namun kalau menggendong sendiri gak pakai bantuan orang lain, kadang gak dipakai foot strapnya, masangnya kelamaan hehe..

Dan yangterpenting tujuan gendongan ini adalah untuk membonceng naik motor…dan setelah latihan memang oke dan gak mengganggu keseimbangan waktu naik motor, jadi digendong belakang dan naik motor bisa lancar, tapi ya memang untuk jarak dekat aja sih…

Dan ternyata bisa jug adipakai untuk membonceng motor kalau si anak dah gedhean misal TK dengan cara mengendurkan ikatan, dan si anak bukan di posisi gendong, tapi duduk di jok motor… kayak gambar di sini

So far..puas sama gendongan Cuddle me carrier ini

Ikan kembung goreng bumbu kuning

Lagi pedhe tingkat tinggi posting resep yang biasa ajah..tapi dicontek **hihi..bangga..

Jadi ceritanya pas setelah senam kan ada itu extra fooding alias pemberian makanan tambahan *posyandu kali* di kantor…pas ngobrol-ngobrol ini saya cerita kalo affan lagi suuuukkkaaaaa banget sama ikan kembung..sampe pernah jam 3 pagi bangun minta ikan kembung goreng..untungnya masih ada…dan bener2 dia say asuapin makan itu ikan kembung dan nasi…. sip lah..tapi tangan saya masih kesisa dikit warna kunyit..jumat pagi sebelum senam bumbuin ikan dulu buat sore  *maluu

terus teman kantor cerita juga kalau ada ikan kembung thailan apa ya ..lupa deh..di carrefour yang katanya enak..dan biasanya cuman dimasak goreng biasa cuman bawang sama garam..terus si mbak minta resep ikan goreng kembung ala saya…*haha..lebay..padahal mah cuman goreng biasa

jadi bumbunya itu :

bawang merah, bawang putih, garam, kunyit (agak banyak), jahe dikit, ketumbar sama merica dikit, laos…diulek halus..terus dikasih air secukupnya..ikan kembung di gulingkan di kuah bumbu tersebut..simpan dilemari es….biar lebih meresap..lalu goreng…

Tips goreng ikan….hihi..maaf in penting bagi saya yang kurang piawai goreng ikan….dulu2 kan goreng ikan kembung suka lengket..tipsnya itu…biarkan minyak sampai panas betul baru dicemplungkan…dan tunggu atao tutup sampai bener2 kering ..baru deh di balik..biar ikan gak hancur….

*bukan hoak..hahaha..kapan2 perlu saya foto….

terus si mbak temen kantor bilang ” wah enak ternyata jadinya ikan gorengnya…

hahaha..saya jadi pemula yang mendadak pede… 😀

dan sembari posting ini..saya mengajak untuk GEMARI (gemar makan ikan)…haha..ini setelah saya baca di KR (kedaulatan rakyat) minggu kemarin bahwa konsumsi ikan di jogja lebih rendah dari rata2 nasional…. karena ternyata salah satunya anggapan orang jawa bahwa ikan itu ya bukan cuma ikan laut ato tawar tapi termasuk ayam dan daging sapi..contohnya gini ya nyebut masak ayam..tar kita bilang “iwak pitik” alias “ikan ayam” atao “iwak kebo” alias ikan kerbau…hahahaha……saya jadi guling2 ketawa ini…

memang di tempat saya itu nyebut iwak (=ikan) itu ya untuk ayam dan daging juga….

sementara itu di KR (koran kedaulatan rakyat) pemerintah jogja terus menggalakkan program GEMARI (Gemar makan ikan) salah satunya lewat ibu ibu PKK (ibu ibu tentu berperan [enting dalam hal penyediaan menu dirumah)…. karena ikan mempunyai banyak sekali manfaat seperti omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan…sangat baik untuk kecerdasan dan kesehatan..

dan diartikel itu disebutkan meski rata2 konsumsi ikan lebih rendah dari nasional..namun untuk ikan lele menduduki peringkat pertama nasional…hahaha…mungkin saking banyaknya penjual pecel lele kali ya…

Sudahkah ada menu ikan dalam menu Anda hari minggu ini sahabat?

PS. setelah saya baca ulang kok banyak hahaha..dalam postingan ini…ga jelas ini 😀

Toilet training

“bu..pipis..pipis…..”, kata  Affan sambil jingkat jingkat *keknya nahan pipis :p*

hihihi…seneng banget rasanya .alhamdulillah Affan dah bener2 lulus toilet training kira2 sebulan yang lalu… pas dua tahun lebih sih *hihi..agak telat memang*

kalau sebelum-sebelumnya memang udah jarang ngompol…eh gak juga ding..soalnya kita makein diaper kl sore hbs mandi smpe sekitar jam 7 *hihi…gak konsisten* trs malem mmg gak pernah pake diapers…tapi kitanya yang harus bolak balik tiap berapa menit tuk natur kebelakang..dan memang belum bilang ..tapi kalau malam memang jarang ngompol…. sempet sih dulu kalau pas kebangun saya bopong kebelakang tuk pipis… meski agak ngantuk hehe….

jd kl pas kita lupa ya…tiba2 ngompol..hehe… tapi alhamdulillah sekarang dah ga ngompol..dan bisa bilang…duh terharu…

jadinya pas kapan itu lagi antri dikasir tiba-tiba affan bilang pipis…so terbirit biritlah saya ke toilet….toilet agak jauh..sampai turun lantai..dan ternyata gak ngompol….pas lebaran juga mudik dijalan gak pakai diapers..gak ngompol….senang……

ketidakkonsistenan menyebabkan meski mengulang dari awal

haha..quote yang aneh.. maksud saya gini…affan sebenernya dah agak lama ditatur..tapi kalao pas pergi pergi mesti kita pakein disposable diapers… *hohoho..lupakan itu clodi…clodi..cuman saya pake sampai umur setahunan..* entahlah…solanya suka gak pas dan bocor..pas affan dah gedhe…kyknya faktor pemakainya kali ya…

nha biasanya kan pas dah siap mau pergi pas tiba tiba affan bilang pingin pipis..mb riz bilang “udah disitu aja gpp…’ (maksudnya sih gpp karena pakai diapers)… tapi kan ya jadinya seperti tertangkapnya gak papa pipis aja…xixixi..

so setelah itu pas belum tentu bilang pas mau pipis…affan meski pakai diapers ya tetep ditatur…

Alhamdulillah..sekarang affan juga udah “play group” di deket rumah cuman jam 8 – 10 an… dan gak perlu pakai diapers…senangnya….

ternyata memang sabar aja…kasih pengertian..eh..tiba tiba dah bisa aja…

TIps tip tt bisa dibaca di sini

Book Review : Rahim

Gambar diambil dari sini

Judul buku : Rahim

Pengarang : Fadh Djibran

Penerbit : goodfaith production

Jumlah halaman : 316

Selalu ada cerita yangmenyertai janin yang tumbuh di dalam rahim seorang perempuan. Rahim, dari sedikit uraian ilmiah tentangnya, sesungguhnya adalah sebuah misteri besar. sebuah dunia yang seolah-olah memiliki kehidupannya sendiri

Kalimat itulah yang terpampang di balik sampul buku berjudul Rahim. Didalam judul sampul tertulis Rahim, sebuah dongeng kehidupan. Menarik sekali buku ini, menceritakan proses dari proses perkembangan janin dari awal terbentuk sampai kelahiran.

Dan yang membuat saya kagum dengan buku ini adalah kita seolah olah seperti membaca pengetahuan tentang menakjubkannya proses perkembangan janin namun dalam bentuk dongeng. Seperti adanya tokoh Dakka Madakka, yang digambarkan sebagai seorang pria berkulit gelap agak pendek, yang berpakaian yang agak aneh dengan manik-manik berwarna menyala di dada, dan ada tulisan AR , singkatan dari Alam Rahim. Ya, dalam novel ini, kita akan mendengar dongeng tentang rahim dari seorang Pengabar berita dari Alam Rahim. Saya kagum dengan ide yang penulis dengan adanya tokoh Pengabar dari alam rahim.

Dari tokoh Dakka ini kita diceritakan kisah kisah dari dalam alam rahim.

Kau tahu sebenarnya kelahiran hanyalah nama bagi peralihanmu dari alam rahim ke alam dunia. Kau tidak dilahirkan dalam pengertian yang sebenarnya.Kau hanya mengalami peralihan, dari rahim ibumu menuju rahim yang lebih besar lagi, rahim semesta. (hal 309)

Banyak cerita dari buku ini yang berisi kiasan-kiasan yang bisa diambil makna dan hikmahnya.

Buku yang layak untuk dibaca bagi Anda para perempuan, maupun anda para pria yang menyayangi perempuan.

DI halaman sampul belakang buku : Mengapa kisah ini penting untuk kuceritakan padamu? agar kamu menghargai hidup. Kau bayi yang beruntung memiliki orang tua yang baik dan mengasihimu. kau beruntung memiliki hidup.

Dan pada saatnya nanti, mungkin kau akan memiliki seorang anak yang bersemanyam di rahim suci perempuanmu. ….Asal kau tahu, rahim adalah nama lain dari raja semesta.

Membaca novel ini, bisa merasakan detik detik menakjubkanya perkembangan janin 9 bulan dalam rahim. Namun, menurut saya ada beberapa bagian yang agak terlalu panjang jalan ceritanya. Namun tidak begitu mengganggu tuk membacanya.

Tulisan ini diikutkan dalam Book Review Contest yang diadakan Pak Dhe Cholik.