Disengat Tawon

Dalam bahasa jawa istilahnya “dientup tawon”, entah menurut perasaan saya kok kata disengat kurang mantep untuk mengganti kata di entup..hehehe

Pernah gak teman-teman kesengat tawon? Saya belum pernah…dan termasuk takut kalau ada tawon yang merah besar, kalau di desa disebut “tawon ndas” itu termasuk sakit kalau menyengat soalnya Ibu saya pernah dan cerita.

berikut penampakannya

Gambar dari sini

Dan…..kemarin malam, ketika saya ke tempat tetangga depan rumah.. Semula Affan tidak ikut, itu waktunya habis magrib..trs kok terdengar nangis, jadi ya udah, tak ajak ikut. Sedang ad akeperluan dengan tetangga, jd Affan ikut2 nimbrung sambil biasalah main-main sendiri ke teras…dan tiba-tiba terdengar jeritan tangis yang sangat keras…. Deg….dr tangisnya udah takut aja kalau ternyata affan jatuh dari sesuatu yang tinggi atau dari pagar, saya keluar dari kamar tami ke teras…..disitu terlihat dua tawon merah besar (tawon ndas) beterbangan , terbangnya seperti terbang kacau gitu …halah bahasanya.. dan bener aja….affan memegangi tangan kanannya..langsunglah saya sadfar kala Affan ke entup tawon tersebut..

Huuuaa..terus terang sy ikut panik, karena belum tahu gimana penanganan pertama…. plus juga takut apakah itu beracun atau tidak *khawatir..

Terus saya gendong pulang, sama Ayahnya dikaish minyak kayu putih, saya nyari minyak but but tidak ada. Ayahnya sih tenang..tapi sy nya kepikiran..mana Affan nangis terus, dan saya lihat jari manis nya yang ada bekas gigitannya itu agak bengkak merah…

Saya telepon kakak yang bidan, dan dikasih tahu untuk dikompres dengan alkohol atau kalau gak dikompres dengan betadin.. dan dikasih resep obat gitu.

Dan ternyata dirumah gak punya alkohol, betadin pun gak ketemu saya cari..

Akhirnya, sy bawa Affan ke dokter praktek terdekat, yg kebetulan tempat prakteknya gabung sama rumah makan yang berkonsep saung2 ikan gitu..dan Affan sudah hafal tempatnya, jadi kita hbur dengan tar lihat ikan2 sama makan ikan sm jus alpukat susu (ni gara-gara suatu saat Affan pernah saya pesenin jus alpukat, dan jusnya dicampur susu, kalau bikin dirumah gak saya campur susu..Affan bilang gini : ” enak ya bu..jus susu”  :D

Sama dokter diperiksa, trs juga diminta kompres alkohol, sama diresepin untuk anti alergi, dan paracetamol tuk nyeri dan kalau ada demam. Dan Affan malah bilang gini ke dokternya :’ ga papa ya…ga papa ya.’ :D .meski sambil nangis juga.

Alhamdulilah affan dah mulai agak terlupa sm sakitnya pas lihat2 ikan di kolam..masih sesekali nangis. Sama pelayan rumah makan tersebut dikasih tahu, katanya ditempel klungsu (isi/biji asam jawa sampai keluar ‘bisanya”). Terus saya bilang wah susah nyari klungsu. Dan tidak berapa lama, masnya dateng sambil bawa klungsu yang sudah dibelah.. saya coba tempelkan ke tangan Affan, gak lama..soalnya keburu Affan berontak.

Sekarang..Alhamdulillah sudah baikan.. yang anti alerginya cuman saya minumkan 2 kali. Pengalaman menangani anak kena tawon.

10 thoughts on “Disengat Tawon

  1. Wah mas afan disengat tawon yah…wah semoga sekarang udah baikan yah…pasti sakit, nangisnya untungnya nggak lama yah mbak..jadi ingat kalo dikami, ayahnya kinan ..disengat saat dijalan…kami bilangnya padang pasir…dekat tempat kerja kami..emang dah banyak kawan kawan yang sering kena…kena di jari tangan saat berusaha untuk menepis…tapi sakitnya katanya..saya aja ngelihatnya nggak tega banget…saya yang nggantiin “mbonceng”motornya didepan akhirnya..sampai tempat kerja langsung pake minyak tawon dan paracetamol/panadol untuk pereda rasa nyeri alhamdulilah abis itu dah nggak terasa…ada kawan yang disengat di pipi sampai bengkak dan pingsan..

  2. selalu ada hal pertama ya jeung… Termasuk pertama kalinya menangani anak disengat lebah. Jaman kecil dulu kalau disengat lebah langsung diolesi bunga yang ‘diwenyet-wenyet’. Hehe…

    Hikmahnya dr kejadian ini, sediakan kotak obat biar semua obat p3k tersimpan di sana jadi mudah dicari kalo sewaktu2 ada ‘kecelakaan kecil’ tak terduga. Hehe… :)

    • hihihi..sebenere Affan punya semua alat2nya termasuk munyak pengurang gatal, betadin, salep dll…namun suka dimainin hehe..kmrn ketlingsut.. bener juga ya bikin kotak P3k yang agak tinggain kotak khusus, jd gak kejangkau main -main

  3. Diantup tawon ?
    addduuhhh … ini memang susah-susah gampang bu …
    apalagi mau mengeluarkan bisanya …

    saya tidak tau bagaimana penanganannya … yang saya tau … diolesi minyak tawon atau minyak kayu putih saja ..

    Sambil menunggu jika bisanya nongol tinggal diambil

    Salam saya Bun-Aff

Leave a Reply

