Cerita “tutup” The Cars

Lihatlah dunia seperti anak anda melihatnya, rendah dan dekat dengan dengan tanah

 

Quote diatas saya dapat waktu baca tentang menerapkan metode montessori sehari-hari di www. mommiesdaily.com. Disitu membahas sebuah buku berjudul “Membesarkan anak hebat dengan metode montessori”. Metode montessori ini dikenalkan oleh Montessori , seorang dokter perempuan yang meyakini bahwa semua anak dilahirkan dengan potensi luar biasa, potensi ini akan berkembang jika orang dewasa yangmengasuhnya memberikan stimulasi yang tepat ditahun2 pertama kehidupannya. Salah satu metodenya seperti disebut di artikel tersebut adalah anak-anak butuh mengembangkan rasa empati terhadap sesama, untuk meraihnya kita sebagai orangtua harus bisa membantu mereka menghargai perasaan mereka sendiri. Lebih jelas dibaca di artikel di mommiesdaily.com bag pre school (maaf lagi lambat netnya, susah mau ngelink dan buka alamatnya)😀

Foto mobil kata affan “kas” (film the cars) diatas, kalau diperhatikan bagian belakangnya ada dua tombol yang warnanya berbeda, satunya merah satunya hitam.

Jadi, pas kemarin kita dijemput mudik, ada dua sepupu Affan yang ikut. Main-main mobil-mobilan Affan ini , dan gak sengaja, tutup merahnya itu lepas satu yang mengakibatkan bagian atas mobil yangada airnya tumpah.

Affan terus-terusan bertanya ” Dimana tutupnya..ini rusak.. dimana tutupnya?🙂

Sama mbak kakungnya di jawab : ” nanti diperbaiki di rumah simbah kakung ya.

Affan bilang : “iya ..dandan dandan pakai obeng. (kalau menyebut memperbaiki Affan bilang dandan dandan (dr kata didandani)

Setelah itu kita mudik pulang bareng… dijalan Affan juga sempet nanya lagi berkali-kali tentang tutup mobil itu.

Sampai dirumah mbah kakung dah malem banget banget, sempet nanyain tapi terus tidur karena dah ngantuk Affannya. Esok harinya langsung gandeng mbah kakung tuk memperbaiki mobilnya. Sama mbah kakung “dibantu” affan nyari alat-alat untuk memperbaiki. Affan tampak semangat sekali. Dan akhirnya jadilah itu mobil ada tutupnya , meskipun tutupnya warna hitam, dan pas.

Dari kejadian diatas saya jadi menghubungkan dengan artikel tentang montessori yang sebelumnya saya baca. Saya salut sama mbah kakung, begitu menghargai keinginan Affan, meskipun terlihat sederhana, namun benar2 dilakukan. Dan Affan puas. Karena bisa saja kan kalau misalnya bilang gini :” ah..gapapa gak ada tutupnya.. tidak usah diperbaiki..masih bisa jalan “.. atau kalimat kalimat lain.. Tapi mbah kakung tidak melakukan itu. Mbah kakung seperti kutipan diatas melihat ke dunia anak – anak, dari sudut pandang Affan tutup mobil itu sesuatu yang “sangat penting” mungkin, karena memang pas tutupnya lepas airnya tumpah atau gimanalah. Yang jelas ini telah memberi pelajaran bagi saya untuk bisa menghargai sekecil apapun ide anak, yang kadang mungkin saya lalai tentang hal ini. Dan untuk bisa mengembangkan empati anak, yang td diatas disebut membantu anak untuk bisa menghargai perasaan mereka sendiri, salah satunya mungkin dengan cara kita menghargai pendapat mereka, mendudukkan kita di cara pandang si anak.

*NB.. Foto saya upload dulu di FB hehe, soalnya foto ada di HP.

2 thoughts on “Cerita “tutup” The Cars

  1. Lumayan dapet ilmu disini mba🙂

    Emang sebisa mungkin aku juga selalu berusaha menepati janji sama Kayla & Fathir…
    Supaya kalo mereka janji…aku bisa menuntut mereka untuk menepatinya…hihihi…

    Dan sebisa mungkin gak nge bohong mba…
    dan kalo nge bohong pun…jangan sampe ketahuan…hihihi…

  2. maapkanlah ya mba…
    karena kunjungan balik kesininya kelamaan….

    soalnya beberapa bulan ke belakang aku lagi males malesan apdet dan jarang bw tuh…
    pokoknya sesat banget deh….

    baru insyaf sekarang…hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s