Tips dan fakta mudik dan lebaran sehat bersama batita

Mudik..sudah menjadi tradisi di setiap lebaran..menyenangkan bisa berkumpul bersama keluarga..saling berkunjung..

Gimana nih tips dan fakta mudik bersama batita.. Tips lengkap dapat dibaca di sini

Nha keluarga kami yang mudik dengan batita umur 2 thn 2 bulan..heboh..Alhamdulillah Affan suka banget bepergian terutama di jalan..jadinya ga rewel..malah rewel kalau kurang di jalannya hehe…

Ini nih tips dari http://www.ayahbunda.com plus fakta nya pas kita mudik kemarin :

1. Pertahankan pola makan teratur. Usahakan tetap menerapkan kebiasaan makan yang Anda  lakukan sehari-hari.

fakta : jam makan bisa berubah2 menyesuaikan waktu… misal waktu berkunjung dll.. dan pas dirumah pun karena fokusnya dah main main terus sama sepupu suka gak konsen makan… nah disinilah sy bisa tahu bahwa ; suapan itu bisa diitung.xixixi..soale kadang baca batita maemnya hanya 3 suap atau berapa..sy bingung soale seringnya ga kehitung..nha pas mudik ini..agak susah makan…jd bener2 bisa keitung suapannya berapa

solusi :

ketika cuman mau beberapa suap..yah stop aja..tar dikasih lagi beberapa suap dengan jeda..jadi memberi makan batita lebih sering dengan porsi sedikit..jadi kan terakumulasi tuh makannya hehehe..atau kalau misal gak mau nasi..seringnya saya buatin sop yang banyak kentangnya… tar kl pas lg main..dipanggil : mau nasi? affan biasanya sregep makan nasi aja.. so memberinya terpisah..kapan aja… Dan kalau pas bepergian membawa bekal sendiri…

2. Perhatikan asupan makan yang dikonsumsi

fakta : InsyaAllah Affan masih saya perhatikan apa yang dimakan, masih dibuatkan sayur sendiri. namun yang gak bisa dihindari tentu beraneka ragam makanan yang biasanya jarang dimakan, kayak kue kue , jeli jeli, dodol, roti tape,jajanan kyk cilok sm sepupunya, bakso, permen, snak yang pedes  dll…gapapa..yang penting konsumsi sayur terjaga

solusi : tetap buat masakan dengan sayur dan kuah disamping menu utama lebaran yang banyak opor2 daging.

3. Biasakan batita minum air putih dan jus buah agar tidak dehidrasi serta makanan berserat

fakta : Alhamdulillah Affan suka banget minum air putih dan jus.. bisa habis setengah gelas air putih sekali minum, jus segelas juga…

solusi : membawa buah-buahan dari jogja…soalnya kalau dikampung suka susah mencari buah, kalau beruntungya buah yang memang lagi berbuah di pohon kyk pisang dan jambu biji.. kemarin pas dapet jambu biji..enak deh..favorit affan

4. Dalam aneka kegiatan liburan yang mengasyikkan tetaplah upayakan anak untuk beristirahat. Jangan biarkan ia keasyikan ber,main dan lupa tidur siang.

fakta : dan yess… kapan hari tidur siang affan bisa dihitung..kalau dah main sama sepupunya gak mau tidur siang,, misal dah mapan tidur..denger suara sepupunya..langsung deh dikejar lagi..jadi jarang bobok siang… dan main terus..padahal cuaca panas ya..tapi ga peduli deh si bocah..yah gpp lah biar bereksplorasi… dan pas dikampung affan paling suka ngasih makan ayam sm ikan…dah deh belepotan pegang “katul” makanan ayam..keluar masuk kandang ayam…

solusi : affan saya pakaikan topi dan kacamata item ato kacamata putih..untunglah mau..kalau topi sepanjang main dipakai terus..cuman kalau kacamata sok dilepas aja… karena cuaca panas sekali dan silau..namanya anak2 ya gak peduli… dan penting juga kita untuk mengingatkan memakai sandal..seringnya affan pakai..tapi kalau buat lari dah tersa mengganggu..dicopot deh itu sandal…takutnya kena duri ato apa..Alhamdulillah baik-baik saja…. cuman sempat jatuh dari teras lumayan tinggi semeter lebih..Alhamdulillah cuman memar jidatnya..dikasih trombopop ..kempes lagi…jadi jangan lupa bawa P3K..alat2 kesehatan si kecil : obat merah, obat memar (trombopop), minyak telon, kayu putih, dll…

5. biasakan batita anda cuci tangan sebelum makan. jika tdk tersedia air, sediakan gel or cairan pembersih instan.

fakta: lumayan kooperatif tuk cuci tangan…seneng sih..kalau lengah dikit bisa jadi ajang main air…xixixi…ya ya..mainan favorit pas liburan adalah air..😀

Ini dulu aja ya ceritanya..kapan-kapan disambung lagi….selamat kembali dari mudik…. ditunggu cerita-ceritanya

8 thoughts on “Tips dan fakta mudik dan lebaran sehat bersama batita

  1. yg plg susah msalah ngontrol makan bun. kbetulan ponakan kl sdh lebaran, smua makanan mau dicoba. dibatesin di rmh eh mlh ke tetangga🙂 krn kekenyangan akhirnya pd males maem nasi lg jdinya. ya kurang lebih bgitulah kali dilemanya ortu jaman kita kecil dl ya bun:)

  2. Bener bun, anak2 kl udh main lupa tdr siang dan makan. Dita kl udh main sm sepupunya jg begitu. Yg ptg anak jgn telat makan aja, tkt masuk angin. Maaf lahir batin ya bun..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s