Lembut tapi kuat

Beberapa waktu yang lalu, mbak riz, mbaknya affan cerita bgini. Bahwa kalau di gardu hehe,ini markas main anak2,ada salah seorang anak sebut saja A, anak perempuan usianya dah 3 tahunan lbh, yg suka tiba tiba tanpa ada sebab suka dorong dorong dlm bahasa jawa jorokke anak lain termasuk affan. Pernah suatu ketika affan didorong smpai jatuh.. Duh..memang ya karakter anak macem2,palagi kalau dah kumpul2.

Sy bilang agak diawasi ekstra aff kalau ad di si kakak, n nasehati jg si mbak A td. Trs beberapa waktu setelah itu mb riz cerita lg kalau Affan pas bhadapan sm mb tadi yg dah berniat mendorong, aff kayak melawan dgn cuma menggerakkan tangannya..dan kt mb riz krn aff melawan, si mbak A stlh itu tidak berani lagi nakalin aff mendorong aff. Dan reaksi saya seneng penuh kemenangan hehe lebay bener gak sih syaya?!* ..

Pernah jg ada anak yg ga ada apa2 pas ketemu langsung pasang tampang permusuhan bak sinetron antagonis..berkacak pinggang. Awalnya aff nangis,tp pas aff menunjukkan bhwa dia ga takut, si mbak td berhenti nunjukin permusuhan.

Hehe..itu hanya salah dua contoh, temen2 main maen yg lain baik2 kok.

Tp ini jd mengingatkan perbincangan sy dgn seseorang. Dia cerita krn anaknya selalu mengalah dan diajari utk slalu sayang teman, di play groupnya jd dinakalin sama temenya. Sampai kita pada satu pertanyaan atau pernyataan bgaimana mengajari anak untuk lembut dan sayang sama temen2nya tp juga kuat,tdk dinakali temennya?

Hehe, bagaimana menurut sahabat?

14 thoughts on “Lembut tapi kuat

  1. yah emang susah.
    Ikhsan karena lebih seringnya ketemu saya, jadi saya ngajarin buat ngalah dan lembut sama temennya. Tapi kalau ketemu bapakna, kadang diajarin buat “berani” sama temennya. Menurut si bapak biar ikhsan ga dinakali. Kalau di rumah, kadang kalau maen sama anak tetangga, terjadi rebutan mainan, pasti yang nangis anak tetangga…, Nah kalau liat temennya nangis, ikhsan bakalan ikutan mrebes mili ikutan nangis🙂

    • laki-laki sama perempuan beda cara ya mb Entik..
      sy juga pernah eyel2an ttg ‘berani’ atau malah ‘membalas’ kalo ada temen yang nakali..

      ikutan nunggu komen lainnya deh, buat belajar..🙂
      *boleh ya BunAff…🙂

  2. hehehe saya juga gak tau caranya. Dita itu karakternya ngalahan. Dia suka banget berteman dengan teman yang nice sama dia. Tapi kalau sama yg suka njorokke gitu, dita langsung menghindar😀

  3. assalamu’aliakum…..
    kalau boleh saya usull, biasakan lemah lembut pad buah hati..
    apalagi kalau oarang Jawa, paling baiak apabila dalam berbicaranya menggunakan bahasa jawa halus itu lebih mendukung terciptanya kasih sayang…

  4. Keke pernah ngalamin yg sama kayak Keke. Sy kasih tau pelan2. Tp memang namanya anak2 cara mereka menangkap maksud kita juga suka lain.

    Yg ada dia sempet jadi anak yg ngelawan, kl di usilin temen2nya. Tp ya memang harus berkali di kasih tau mana yg benar & salah. Nanti lama2 dia akan ngerti kok maksud kita🙂

  5. Hihihi kalo Zahia mah keturunan preman dari emaknya jadi sama sapa juga ga takut. kalo lagi maen di playground, ada yang doromg2 Zahia, langsung dia bilang “No…no….no…” dengan suara kenceng. Kadang malah tanagn anak yang ngedorong langsung dikibasin🙂

    Aff emang jagoan deh!🙂

  6. haduh saya punya problem yang sama, kinan cenderung pendiam kalo kawannya hyper….kayaknya tipikal ngalah gitu..atau mending nggak berkawan…pasti dia bilang “enggak mau” kalo kita aja main sama kakak itu yah ???hehehe anak anak yah bun…tipikalnya macem macem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s