Goreng Menggoreng

Katanya sih konsumsi minyak goreng di Indonesia termasuk banyak… mangkanya minyak goreng termasuk dalam sembako.. dan ikutan naik kl ada desas desus gaji PNS naik *nasib*..

Dan favorit kebanyakan orang adalah gorengan..meskipun katanya itu kurang sehat ya… tapi gak mantap kalau gak ada lauk gorengan.. Tapi ya usahakan gorengan sendiri dirumah..jadi lebih sehat..karena paling gak kita tahu minyak yang kita pakai plus juga minyak goreng baru…bukan yang sudah dipakai sampai banyak kali dan berwarna coklat…

OKe, tentang goreng menggoreng, hihi..ini keahlian cie keahlian yang paling saya hindari…kelas saya adalah sebatas goreng tempe… *Pas si suami penggemar berat gorengan tempe* dirumah tiap hari selalu ada..

Untuk urusan goreng2 yang lain kayak ikan, ayam, udang dll dll..saya nyerah… Ya kagum banget sama Ibu saya, ibu mertua dan perempuan2 lain yang pinter menggoreng..

Saya itu takuuuuuut banget menggoreng… kalau pas olah ikan, misal ikan kembung biasanya saya kukus dulu terus baru dimasak..dalam rangka gak berani goreng ikan.. coz minyaknya  suka nyripat nyripat kemana mana..

Dan kalau telur saya lebih suka goreng telur dadar *dikocok dulu* daripada telur mata sapi alias ceplok, karena kalau ceplok minyaknya suka nyripat nyripat.. kalau dadar lebih aman… dan ternyata si Mbak riz senengnya goreng2..hihi..ada pengalihan untuk urusan goreng-menggoreng ikan dan ayam*dasar*

Dan misal kepaksanya saya harus goreng itu diatas, senjata saya adalah kacamata… hohoho..pas belum punya kacamata item , saya pakai kacamata renang *silahkan bayangkan*

Terus setelah dapet kacamata dari oriflame kayak gini nih, pada awalnya sih utamanya untuk kalau naik motor, tapi

Ini jadi andalan saya saat menggoreng didapur… hua haaa…. gpp lah meskipun lebih keren tapi aman :-D  *saya plng takut ada minyak yg ke wajah ato mata* jangan2 ini phobia yak

Waktu awal awal menikah, sm ibu mertua diajak goreng peyek, *hadeh*..dengan segala cara berusaha mengalihkan perhatian dan nglakuin bantuin  yang lain *ups*..

pas kpn krn ibu belum sempet bikin peyek, saya diberi sudah satu takaran, tepung , tepung beras, kacang tanah..pokonya dah satu resep untuk bikin peyek…

Saya bawa ke jogja.. mau berusaha sekkuat tenaga membuat peyek..tapi gak sempet2.. dan dapetlah ide …ngasih job ke BU dayat *tetangga yang jual makanan* untuk menggorengkan… Hihi..selesai masalah..dan hasilnya enak.. Affan sampai hafal kalau peyek itu yang buat bu dayat ..😀

Dan buat ayah… karena si ayah juga penggemar peyek… *next time deh InsyaAllah tak buatin peyek dengan tangan sendiri*… tentu mesti pakai kacamata andalan

16 thoughts on “Goreng Menggoreng

  1. peyek kacang saya paling suka bun. oh ya kalau saya lebih suka menceplok telur karena cepat tanpa harus ngocok telur hihihi ketauan malesnya nih

    haha..saya pilih kocok soale lebih aman saat menggoreng, kalau ceplok mau mbalik aja..takut takut akunya… jadinya bentuknya aneh deh telur ceploknya

  2. kacamata renang bun? xixixi. aku lbh parah mlh, gorengannya tak tutup pake tutup panci gede, pas mbalik tutupnya jd tameng wajah. hyuh menggoreng srasa bermain anggar bun🙂

  3. hahahahha,,, gak kebayang deh BuAff pake kacamata renang buat goreng-menggoreng,, hehhee…
    kenapa gak sekalian pake tabung selam bun?? ups.. *iyhaaaaaaaaaaaa,,, usil deh,,😛 *

    nunggu peyek bikinan tanganmu BunAff…

  4. Alhamdulillah saya nggak takut kalo urusan goreng-menggoreng.
    Pernah sekali dulu pas menggoreng ikan bandeng, minyaknya nypratin muka. Jadinya ada 1 luka diatas bibir segede koin Rp 50. Dooh, jadi malu banget. Tapi untungnya nggak trauma😀

  5. @iYha.. Hahaha.. Ide bgs.. Ato kl ga pinjem baju n pntup mukanya gegana😀, peyek buatan sy sndiri..? Hmm..entah kapan hehe
    @Akin, sy blm pernah kena smpai bgtu, tp entah knapa dah takut duluan😀..

  6. temanku pakai helm lho bun, he..he…

    supaya nggak nyiprat sebelum dicemplung dalam minyak, semua bahan itu harus ditriskan dulu,
    ada air pasti nyiprat deh…

  7. @Mey, hahaha.. Betul betul, mau mbalik aja dah kyk main hanggar.. Ngbayangin mb mey main anggar didpn wajan😀 *nggaya pdhl aku juga* Mau ngangkat kompor dmatiin dulu
    @Kak Monda, wah,trnyta ada yg pk helm ya temenya ahihihi *bnyktemen*.. Iya, Kak, tp kdng kena air dr bumbunya, jd ga bs bener2 kering

  8. *toast* aku sering diprotes sama mamah, karena kalau nggoreng pasti biayaan kemana-mana, saking takutnya sama minyak yang nyiprat-nyiprat. tapi pake helm kek nya ide yang bagus deh
    hihihihihi

    tos tos tos

  9. hihi btul btul bun. mo angkat gorengan, kompor matiian dl, trs tarok lagi gorengan brikutnya dg santainya br hidupin kompor lg trs tutup deh ma tutup panci. hahaha bner2 nyari aman inih.

    ais..hah pake helm? prlu bawa SIM jg g? Srt Ijin Menggoreng mksudnya…qiqiqiq

  10. Hehehe…kacamatanya keren mbak mitha..walah sayang kalo kena minyak..kayaknya mending pake kacamata renang aja deh hehehe peace..
    ngomongin soal kacamata jadi ingat pengalaman ngupas bawang merah, nggak mau nangis bombay kena bawang merah, aku pake kacamata🙂

    haha..gpp…lebih keren… didapur pakai kacamata keren hihihi

  11. Haiyaaaa …
    nyripat nyripat … ini Yogya banget
    kalo kami istilahnya … nyiprat-nyiprat … (hehehe)
    Tapi emang parno ya Bun … kalau sedang nggoreng tiba-tiba mak pletus …

    Aku yo sok-sok kaget jeh …🙂
    Nggoreng ikan apa lagi …

    Salam saya

    haiyaaa… hihi..apa saya yang salah tulis ato salah ucap yak.. *mikir* nyripat-nyripat apa nyiprat-nyiprat😀
    Ters setelah sok-sok kaget apa nih yang Om Nh lakukan? Menengok Bundanya tiga jagoan kedapur?😀

  12. waduh mbak… . kalo banyak penyukanya, masak pun jadi tambah semangat ya… .
    tapi ngomong-ngomong kalo bikin peyek pakai sendok mbak jangan pake tangan… hihihi. sorry becanda.😀

  13. wah kalo nggoreng pake kacamata?
    wuiih keren.. kayak artis.. hehehe

    tapi bener kok mbak..
    saya juga sering minta tolong ma suami buat goreng..
    kalo goreng ikan tuh terutama..

    kalo sebangsa tahu tempe.. sendiri juga bisa🙂

  14. Hihihi ternyata gw punya teman senasib seperjuangan yah Mba. Tapi bedanya, kalo gw kacamatany dipake pas lagi ngulek cabe. Takut kena mata boooo🙂

    Ngomong2 peyek, jadi inget dah percobaan ratusan kali bikin peyek sendiri tapi masih juga belom nemu yang pas di lidah. Yang ketebelan lah jadi keras, yang ketipisan lah, yang kebanyakan ketumbar lah. Hadooooohhh😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s