Banana Cake dan Apple (sok) Crumble

yuuhuuu..kemarin2 dah nyobain bikin banana cake dan apple crumble. secara sayah adalah penggemar roti pisang, biasanya kalau beli roti belinya roti pisang coklat, roti pisang aja, roti pisang keju *kadang sih* soale lebih suka coklat daripada keju atau pisang bolen. Dan juga suka dengan apple kayak apple pie, meskipun makan apple pie juaaarang banget ahahaha… nha iya.. adanya di bogor kali ya yang terkenal..kl di toko roti ada sih yang bentuk cup kecil gitu, tapi tak liat banyakan rotinya daripada selai apelnya..

Woke..cerita tentang banana cake dulu…gugling resep2 dan milih yang paling mudah dan praktis secara masih amatir. dan ternyata memang cukup simple bermodalkan mixer dan oven. Oven tangkring alias oven yang dipanaskan diatas kompor. Belinya di toko Progro toko sejuta umat , paling lengkap di jogja untuk kebutuhan alat-alat rumah tangga, lokasi dekat malioboro. Saya belinya pilih yang anti karat, dan yang lumayan murah, kenapa lumayan soalnya ada yang lebih murah disitu yang harganya 28 ribuhehehe, bener2 lengkap. jadi harganya itu 48 ribu rupiah. Cari yang biasa aja, takutnya diriku malas makenya. dan bener aja agak lama itu ngejongkrok di pojokan belum terpakai..hihihi..tapi lumayan oke loh performanya *halah kyk review gadget aja* . meskipun memang karena gak bisa diukur suhunya *ya iyalah* harus dengan api kecil biar matang merata dan tidak jadi gosong gak matang.

Resep banana cakenya aku ambil dari dapoerkoe.blogspot.com bisa dilihat resepnya di di sini

Bahan dan cara membuatnya seperti ini :

bahan :

150 gr mentega

175 gr gula bubuk

4 butir kuning telur

4 butir putih telur

3 buah pisang ambon/medan/barangan/cavendish, lumatkan dan campur dengan 1 sdm air jeruk nipis (kalo aku pake pisang ambon dan tidak dicampur dengan air jeruk nipis, hihi lupa kebeli)

campur dan ayak :

225 gr tepung terigu segitiga

1 sdt baking powder

1/2 sdt soda kue (saya gak pakai, krn pas beli gak buka resep cuman beli baking powder doang)

cara membuat :

– siapkan loyang bulat dia 24 cm atau kotak 22x22x6 cm, olesi dengan margarin, alasi dasarnya dengan kertas roti, olesi lagi dengan margarin. (saya pakai loyang bolu gitu, tidak saya ukur diameternya)

– Pisahkan kuning telur dan putih telurnya, hihi, saya nemu alat pemisah kunin g telur dan putih telur di Mirota *berasa nemu harta karun aja* seharga 1.200 yaitu berbentuk kyk saringan gitu, tapi ditengah2 bulet untuk nampung kuning telur, pinggirnya berlubang untuk keluarnya putih telur yang ditampung di mangkuk …jadi telur dipecahkan di atas buletan tadi, pas kuning telurnya dan tar putih telurnya bakal jatuh sendiri kemangkuk dibawahnya *kebayang dulu pas belum nemu alat ini, susah juga misahin kuning dan putih telur* #tips amatir😀. Kocok putih telur sampai putih mengembang dan sisihkan.

– kocok mentega dan gula bubuk (saya pakai gula pasir, ada resep lain yang makai gula pasir) hingga lembut, masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai putih mengembang.

– masukkan bergantian campuran bahan kering dan pisang, aduk perlahan

– masukkan putih telur ke dalam adonan tadi, aduk rata.

– tuang ke dalam loyang, ratakan. panggang kurleb 50 menit (aku 40′) dengan suhu 175oC. (hihihi..naseeb oven dikira kira ajah… dengan api kecil dan ditengok tengok sudah tampak matang apa belum)

Dan pas tak intip terlihat roti itu mengembang… huuuaa..seneng bok. cuman kyknya karena ternyata adonan jadinya banyak, harusnya aku pakai dua loyang biar gak terlalu penuh dan bisa cepet mateng dan merata, kemarin tak liat kepenuhan pas adonan tak tuang ke loyang.

Kali  ini saya bener2 sesuai resep takarannya, pakai tumbler shake dari tupperware yang ada ukuran mili dan  gramnya hehe..

Pas anget enak lho..bau harum pisang.. ini dia penampakannya.. Dan ternyata karena kuanalisa adonan terlalu tebal untuk ukuran loyangnya, makanya agak keras kali ya…tapi lembut *lho piye iki* ato istilahnya kurang mapyur *hihi bahasane* belum begitu sukses intinya banana cakenya hoho

Kata mb riz enak..dan affan juga suka.. Terus si mas, ayah Affan? hahaha, cuman makan secuil *bener2 secuil* bukan penggemar roti, jadi saya tidak tersinggung hihihi… tapi kok ya ayah gak pakai basa basi to😀

Ini dia penampakannya, hihi..harap maklum gak gitu menarik… :p

Terus terus selanjutnya cerita si Apple sok crumble..hihi..pakai sok soalnya memang kemarin agak gagal karena keburu2..lha wong mau pergi *yang pas mampir pantai paran gtritis itu* bikin kue.. jatuhnya itu oven saya paksa pakai api besar *huhuhu..gosong dan si crumble mateng sebagian, sebagian gak :-p. Sebenrnya ayah di rumah sih sendiri, tapi gak percaya tega minta si ayah ngeliatin oven memastikan matang dan mengangkat hihihi..

Resep nya saya nyontek dari theurbanmama.com, bisa dilihat di Easy Apple Crumble

Saya tuliskan disini :

Bahan yang diperlukan:

4-6 buah apel hijau (granny smith) atau apple untuk dimasak. Sebaiknya pilih apel yang keras (crunchy).

1 cup brown sugar.

100-125gr mentega dengan temperatur ruang, jangan dilelehkan.

1/2 tsp bubuk kayu manis atau vanilla.

1 tbsp lemon juice (optional).

2 cups tepung, all purpose atau self-raising.

1/2 cup oats/granola (optional).

Cara membuat:

Kupas apel dan potong-potong dadu. Simpan ke dalam panci bersama 1/2 cup gula, jus lemon, bubuk kayu manis/vanilla dan 1 sdm mentega. Tutup dan biarkan masak di atas api kecil, sambil sesekali di cek dan aduk. Biarkan sampai apel empuk (kira-kira selama 30 menit).

Setelah apel empuk, angkat dan sisihkan. Hancurkan caramel apel di panci dengan ditekan-tekan pakai pengaduk kayu secukupnya, jangan sampai jadi puree ya. Alternatif lain, tidak perlu di hancurkan, bisa langsung dipakai juga kok!

Letakkan apel yang sudah dingin di pinggan. Sebarkan dengan rapi.

Panaskan oven 150C sambil menyiapkan adonan crumble-nya. Di dalam mangkok lebar, masukkan sisa mentega, gula, dan tepung. Mulai dengan kocok mentega sampai hancur dengan whisk (jangan dengan mixer ya!) atau garpu. Lalu masukkan adukan gula, tepung, dan gandum (oats) perlahan-lahan sampai membentuk crumble.

Kalau crumble sudah terlihat jadi, sebarkan di atas apple filling yang sudah disimpan di bawah pinggan. Jangan ditekan, cukup disebar saja.

Masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan sajikan dengan es krim vanilla, kalau suka.

 

Ini plek resepnya diatas. saya buatnya kira2 sesuai kondisi hehe. terus karena keburu jugaharus nyiapian macem2, jadinya ukuran ngasal bok , gak ngikutin resep… hihi.. agak kemanisan dikit.. secara tepungnya aku kurangin *kreatip gak pas* :p

jadinya..enak enak..palagi kalau beneran jadi ya… jadi karena dah hampir gosong dan ada bagian yang kurang mateng di crumblenya.. saya ambil sebagian yang layak makan *doh kesannya gmn* ..dan saya percaya banget kalao jadi 100% pesti enak banget banget… kapan kapan nyoba lagi ah bikin yang baik dan bener. Karena keburu2 gak sempet ambil fotonya, hihi, bilang aja gak pedhe😀

Oke..silahkan bagi yang mau mencoba resepnya juga..

 

19 thoughts on “Banana Cake dan Apple (sok) Crumble

  1. hmmm yummy. Tapi itu mirip2 karamel mbak jadinya, apa kurang mekar ya? maaf cuman sekilas foto, atau kebanyakan pisangnya??? Kalau kue, aku penikmat aja dehh… .

  2. ya ampun mbak mitha,penampakan rotimu kok bagus, hari minggu kemarin coba bikin bolu pisang yang ada jadinya malah prol pisang karena kebanyakan pisangnya..heueheuheu..mau coba in resep mbak mitha ah…
    ijin copas ya..:)

    aih aih .. jadi malu nih… nek mamanya KInan kan keren banget kalau bikin cake cake… gitu.. liat fotonya aja ..bagus bagus banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s