Kedipan Mata

Dalam sehari kita berkedip berapa kali? Berapa lama paling tahan kita gak berkedip? hihihi.. Ini mah permainan jaman saya kecil..liat liatan (saling melihat) terus yang kalah adalah yang duluan berkedip… tapi biasanya sambil nahan ketawa… hihihi..buyar deh konsentrasi gak berkedip..

Menurut yang saya baca disini disebutkan Fungsi kedipan adalah untuk meratakan air mata ke seluruh permukaan bola mata terutama kornea. Tujuannya untuk membasahi, karena bagian tersebut mudah mengalami iritasi apabila dibiarkan kering. Disebutkan juga  Fungsi lain dari kedipan adalah sebagai refleks untuk mencegah benda asing yang akan masuk ke mata. Fungsi ini didukung oleh bulu (rambut) mata, sebagai penghalang debu yang akan menutup mengikuti gerakan kelopak mata saat berkedip.

Apa yang terjadi ketika kita tidak bisa berkedip?

Beberapa waktu lalu ketika saya bertemu dengan seorang perempuan masih muda di RS saat saya mengantar seseorang berobat. Dia bercerita sedang berobat ke dokter syaraf karena salah satu matanya tidak bisa berkedip, yang menyebabkan semua otot kaku dan menjalar ke bawah sehingga bibirnya seperti miring. Alhamdulillah cepet dibawa ke dokter sehingga saat kontrol kemarin sudah bisa berkedip dan tidak ada efek lebih lanjut karena cepat ditangani. Awalnya katanya kedutan terus selama 3 hari, dan tidak bisa berkedip sehingga tersa kaku di mata dan sakit.

kata dokter syarafnya terjadi “kesleo” di syaraf dekat mata.. dan itu disebabkan karena pancaroba..memang akhir-akhir ini di jogja angin lumayan kenceng dan juga hujan kadang disertai angin..

Wah..saya gak menyangka ternyata pancaroba bisa mengakibatkan mata tidak berkedip..

MBaknya juga berpesan agar kita berhati -hati dan melindungi wajah dan mata saat berkendara terutama berkendara motor..

Hal yang kelihatan sangat sederhana , berkedip namun mempunyai banyak manfaat.. dan ketika tidak bisa berkedip pun menimbulkan masalah yang besar…

Ah.. Tuhan memang menciptakan manusia sebagai sebaik-baik penciptaan yang sempurna.. sungguh tidak ada yang sia-sia.. Kita harus selalu bersyukur.. dalam setiap helaan nafas kita…

2 thoughts on “Kedipan Mata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s