Berita tentang susu formula

Beberapa waktu yang lalu kita mendengar berita tentang adanya susu formula yang mengandung bakteri. terkait hal ini, sebagai ibu yang baby saya sejak mulai usia 5,5 bulan ditambah dengan mengkonsumsi usu formula khawatir juga. Affan asi exclusif atau minum ASI saja sampai usia 5,5 bulan..ketika ditinggal kerja meminum ASIP (ASI perah) yang disimpan di kulkas.  Namun  Dikarenakan sesuatu dan lain halmengharuskan di usia mulai sekitar5,5 bulan harus terpaksa ditambah dengan susu formula. Jadi minum ASi ditambah dengan susu formula. Saya sangat mendukung gerakan ASI Exclusif. Namun memang banyak kondisi dan juga hal hal penyebab lain ada yang tidak memungkinkan untuk ASI exclusif.. Dan bagi konsumen susu formula ini harus mendapatkan perlindungan dari pemerintah.

Ikhwa berita ini dimulai dari ketika para peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan adanya kontaminasi Enterobacter Sakazakii sebesar 22,73 persen dari 22 samprl susu formula yang beredar tahun 2003 hingga 2006. Hasil riset itu dilansir pada februari 2008. Namun IPB tidak bersedia menyebutkan merek susu yang dimaksud. Seorang advokat yang peduli pada perlindngan konsumen menggugatIPB, BPOM, dan Menkes pada tahun 2008 ke PN Jakpus.

sampai saat ini, belum dibuka atau dipaparkan merek susu2 formula yang diteliti oleh IPB. MA memerintahkan agar Menkes, BPOM, dan IPB membuka hasil penelitian IPB tentang susu formula. Banyak kalangan termasuk YLKI , Komnas PA (Perlindungan Anak) termasuk masyarakat yang mendesak bahwa penelitian itu harus dibuka, karena konsumen berhak tahu dan mendapatkan perlindungan. Semoga pemerintah semakin peduli dan benar2 memperhatikan kepentingan konsumen.

Dr BPOM sendiri telah mengumumkan bahwa pada tahun 2008-2011 tidak ditemukan susu formula yang mengandung bakteri. Ini dia seperti diberitakan oleh http://www.kompas. com di sini

Diberita tersebut di uraikan hasil merek2 susu formula yang telah diteliti oleh BPOM , merek2 yang tidak mengandung bakteri. Tapi disebutkanjuga disitu bukan bearti yang tidak tercantum mengandung bakteri. Dari daftar list merek yang diberitakan Alhamdulillah merek susu formula yang pernah dikonsumsi Affan masuk sebagai yang negatif (tidak mengandung bakteri). Kalau sekarang karena dah lebih dari setahun Affan masih minum Asi dan minum susunya lebih banyak minum susu UHT sepeti saya ceritakan di sini

hihi..koneksi agak lambat, gak bisa ngeklik link.. jadi terpaksa di copy alamat lengkap

Memang kita sebagai konsumen harus selalu aware dengan hal hal seperti ini. Semoga anak-anak Indonesia semakin terlindungi.

5 thoughts on “Berita tentang susu formula

  1. syukurlah Bun, susu formula Aff termasuk yg bebas bakteri. Btw, aneh juga ya kalo hasil penelitian gk disosialisasikan. Apalagi menyangkut kesehatan banyak bayi & balita. Hmm, jd mikir.

    Oiya Bun,berbagi kode html utk buat link. Diketik aja gini: judul
    Jadi deh sebuah link..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s