Affan 1,5 Tahun +

Alhamdulillah, 14 Januari 2011 ini Affan tepat 19 bulan. Dah makin terlihat gede, tambah kepintarannya, ngomongnya sudah lumayan jelas. Beberapa milestone Affan :

  • Berat Badan terakhir nimbang bulan lalu, masih 10 kilo ajah hihi..padahal maemnya banyak. Tapi tambah tinggi
  • Jalan tambah mantep, seringnya lari kalau diajak keluar.. dan tetep tdk mau di gandeng.. jadi biasanya kita kejar2 atau kita gendong kalau di keramaian
  • Tambah jelas kata-katanya, tapi msh potong-potong, belum menggabungkan kata2 menjadi kalimat. Dan tambah banyak perbendaharaan katanya.
  • Alhamdulillah, Affan kayak saya, adanya enak dan enak banget xixi..jadinya makannya gampang, semua mau. Suka banget tempe goreng.
  • Alhamdulillah masih nenen. Plus juga susu UHT dan susu pertumbuhan 1-3 tahun
  • Paling suka liat lalu lintas mobil di jalan raya sama naik bis. Liat gambar2 mobil juga suka banget *cowok banget*
  • Buku yang disuka adalah yg bergambar asli bukan kartun-kartun. Pernah saya tulis dia suka buku fotografi memottret anak. selain itu juga buku ensiklopedia mini terbitan Erlangga. Buku ensiklopedia mini ini bagus , banyak gambar-gambar berwarna dengan ulasan dikit (sederhana dan ringan) jadi Affan suka, bisa nyethuk kita bukain satu satu setiap halaman,dan dia nyebutin ada gambar apa saja. kalau kyk majalah bobo malah ga begitu suka, cuman merhatiin bentar, mungkin karena gambarnya kartun kali ya. kalau kt temen kantor saya, pas anaknya seusia affan juga sukanya buku yang gambarnya foto beneran bukan kartun, nha sekrang anaknya dah mau 3 tahun kebalik jadi lebih suka buku kartun. Di buku ensiklpedia mini Affan bisa nyebutin gambar2 panet (planet) us (uranus), meapi (gunung merapi), nonot (astronot), jenis – jenis hewan (kanada gambar koala yang lagi dipohon terus anaknya digendong , setiap ngeliat gambar ini affan mesti meragain ke kita kyk digendong gitu), ada juga dihutan gambar macan yg lagi ngelonin (meluk) anak macan, pas ngeliat ini juga meluk kita yang bacain (kalau ditanya anak macan dipeluk sama siapa? dijawab : ibu (ibunya)). Ada juga gambar burung yang sedang terluka karena terkena pencemaran dr kapal tanker minyak yangtumpah, burungnya sedang dibersihkan sm orang, kl negliat ini Affan bilang “aduh aduh aduh” burungnya sedang sakit.. meskipun dia tertib kita bukain satu satu halamannya, tapi tetep juga minta gambar “mbi mbi mbi” (mobil) gambar favorit Affan. DI buku in iada beberapa gambar mobil juga, kereta api, helikopter, balon  udara, sepeda, jadi Affan tambah senang.
  • Kalau menghitung senengnya uwa (dua) sama ma(lima). Kalau ditanya berapa pesti jawabnya uwa. Kalau senam juga gitu.. Jadi waktu di temoat mbahnya Affan kan sampingnya sekolah SD, jadi Affan ngikut liat dan main pas ada siswa2 senam atau pramuka. Pasliat senam affan ikut lunjak lunjak. Nha kalau ditanya senamnya gimana? Affan akan meragain senam dengan mengangkat satu kaki dan dijejak jejakkan kyk gerakan jalan ditempat sambil bilang memberi aba-aba “uwa uwa uwa” (satu dua tiga) . Kalau tuang tuang dan menghitung biasanya kalau gak uwa ya dimulai dari ma lima). kalau kita menghitung satu – sepuluh Affan bisa ngelanjutin belakangnya misal sa disambung affan tu, sampai sepu (disambung luh) meski kadang gak pas juga atau gak mau nerusin hihi..namanya juga anak-anak
  • Lebih jelas dalam memanggil ayah, ibu (kadang mama, kalaupas merengek mama mama), pakdhe, budhe, mbak, dan hapal nama2nya juga, pak dhe siapa, mbah siapa hapal namanya. yang lucu kan affan paling belibet kalau ada kata2 yang mengandung huruf l dan r, kalau begini affan akan nyebut lelelelelel (berulang ulang sambil memainkan lidahnya (hihi, gemes kali kok susah banget) contohnya tuk pak dhe choirul (lelelelelel). Terus pas liat gambar gorilla susah juga kannyebutnya affan juga akan memainkan lidah bunyiiin llllllllll. Sama ada satu adegan di film DIEGO dimana biasanya kan hewannya berbahasa inggris, lha pas ada pertanyaan “are you really hungry?’ pas pertanyaan in affan akan ngikutin lelelellelelel (mainain lidah) hihi
  • Lagi suka banget buka tutup kulkas (saya sedang mencari pengaman pintu kulkas, tp belum nemu). Jadinya misalnya Affan lagi minum pakai tumblernya itu, diminum dikit, buka kulkas, tempat minumnya ditaruh kulkas, kulkas ditutup. berlalu bentar (kyknya pura-pura). terus buka kulkas lagi, ambil tempat minumnya, kulkas ditutup, minum dikit, buka kulkas,tempat minum ditaruh ditutup..dan seterusnya berulang.. Lagaknya itu loh..belagak dewasa.. gemes, antara geli dan memang harus sabar sabar . jadi keinget toto chan di buku toto chan itu yang model mejanya buka tutup laci apa ya..yang si toto, naruh pencil, nutup lagi , buka lagi, ambil lagi berulang-ulangkarena seneang dengan mejanya.. tapi dimarahin gurunya.. jadi memanng disini saya harus juga memposisikan diri sebagai Affan dengan keingintahuannya yang besar dan aktivitas buka tutup sebagai hal baru dan men gasyikkan baginya. Meskipun pada akhirnya saya bilangin gak boleh buka tutup kulkas (kasihan kan dingin kulkas) .. tapi tetep trnyata..dan memang menguji kesabaran. Ya harus segera membeli pengaman kulkas.
  • kalau melewati orang lain bilang ‘amek amek ‘ (=amit, permisi artinya) ngikutin mbaknya yang sering bilang amit (permisi). JAdinya ya pas naik pramek sy gendong, kan distasiun lumayan rame penuh orang, setiap nglewatin orang Affan akan bilang “amek amek amek” begitu terus..maklum pas libur akhir tahun itu penuh banget orang.. hihi.. kalau ditoko juga kl ada orang yang kita lkewatin, kita mau lewat, Affan akan bilang “amek”.  dan misal dia kehalangan bantal atau kehalangan meja atau buku sementara dia mau lewat affan pun akan bilang amek amek..hihihii..gak cuma ke orang.
  • Anak ayah banget.. hihi..kalau ayahnya ke kamar mandi bentar atau masukin motor, dah deh dipanggil panggil ayah ayah dan dicari cari.
  • Udah bisa ditelepon, paling seneng kalau di telepon sama Kiki, sepupunya. PAs di loudspeaker didengerin suaranya affan akan ketawa seneng, kalau ditanya dari ujung telepon pun akan menjawab, tapi jawabnya lirih gitu hihi..kebalikan ya sama orang orang tua kalau di telepon malah jaawab kenceng2 biar kedengeran hihi..klau affan malahlirih nyaingin lirihnya bunyi suara telepon di seberang. Dan kalau diminta ayo telepon, ini yang bikin ngakak dan lucu banget.. jadi dia akanambil hp terus ditaruh dikuping sambil bilang halo halo, sambil jalan keluar kamar kesana kemari kayak sok sibuk, sok ngobrol hahaha..gayanya kayak kalau orang nerima telepon pas diruang rapat dan dia nerima sambil keluar ruang gitu… halah halah..
  • Masih suka lempar lempar HP..hiks..padahal dah dikasih tau je… Sama kadang mukul temennya, atau sepupunya. Pernah pas di kampung main sama anak1 umur 4 tahun, yang cowok dipukul sama Affan, terus nangis, sy minta tuk minta maaf si Affan sama disayang masnya.. Affan sih nurut dan kyk ngerasa bersalah.

hmmm..apalagi ya..ini dulu aja deh yang dicritain…

12 thoughts on “Affan 1,5 Tahun +

  1. Saya dulu juga gak pakai pengaman kulkas, karena saya rasa tidak begitu membahayakan. Anak2 rata2 suka banget ya buka tutup kulkas, karena dingin kali. Kalau Dita dulu suka mainin tombol kecil buat lampu kulkasnya itu, ditekan2 jadi byar pet hehehe. Met Ulbul ya Affan. Semoga selalu sehat dan tambah pinter🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s