serba-serbi Imunisasi

Alhamdulillah Affan sudah 1,5 tahun lebih sekarang. Imunisasi yang wajib wajib sudah lengkap, imunisasi yang dianjurkan yang sudah diambil Affan yaitu imunisasi Hib.

Untuk pengingat aja, imunisasi Affan sbb :

usia 1 hari imunisasi Hepatitis B (DSA-RS)
usia 9 hari imunisasi BCG (DSA-RS)
usia 1 bulan imunisasi hepatitis B (DSA-RS)
usia 2 bulan imunisasi Hepatitis B+DPT(combo) dan polio tetes (kakak yg bidan)
usia 4 bulan imunisasi polio dan DPT (simultan) (DSA-RS)
usia 6 bulan imunisasi DPaT+polio+HiB (DSA-RS)
usia 9 bulan imunisasi campak (puskesmas)
usia 18 bulan imunisasi DPat+polio+HiB booster (DSA-klinik)

Imunisasi Affan alhamdulillah yang wajib dah semua..sekarang lagi mau semedi tanya2 konsultasi dan baca tentang imunisasi imunisasi lain yang dianjurkan. Sampai usia 18 bulan ini, imunisasi yang dianjurkan yang kita ambil  hiB saat affan usia 6 dan 18 bulan. Saat imunisasi HiB, DPT, Polio usia 18 bulan kemarin, dsa menjadwalkan untuk imunisasi MMR bulan depan, imunisasi varicella,tipoid dan hepatitis A  setelah usia 2 tahun. Tentang ini masih  dalam pembahasan dan pemikiran hehe

Sekilas ngeliat catatan record imunisasi Affan, mungkin agak sedikit berbeda dengan jadwal yang direkomendasikan IDAI.

Berdasarkan pengalaman saya, ternyata jadwal imunisasi pemerintah dalam hal ini di pusskesmas dengan jadwal di RS atau dsa berbeda.
Penting bagi orangtua untuk dari awal menjadwalkan apakah akan mengikuti jadwal dari puskesmas atau dari RS or DSA. karena biar jadwalnya pas dan tidak ada yang dobel.

berikut ini jadwal imunisasi dari IDAI

Contoh perbedaan jadwal imunisasi dari  IDAI dan jadwal dari puskesmas (pemerintah) :

– di RS imunisasi Hepatitis  B saat usia lahir, 1 bulan  dan 6 bln (kl sebelumnya heb 3 dalam rentang usia 3-6 bulan).

dan imunisasi polio di RS (dsa) saat usia  2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan barengan sm DPT dan  HiB trs booster pas 18 bulan.

– sedangkan kalau di puskesmas imunisasi hepatitis B combo dengan DPT dan polio yang terpisah (2 kali suntik) saat  usia 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. serta imunisasi polio yang ke 4 saat usia 9 bulan berbarengan dengan imunisasi campak.

Affan awalnya mengikuti imunisasi di RS hepatitis B yang kedua saat usia 1 bulan. Dan saat usia 2 bulan diimunisasi combo (hepatitis B + DPT) dan polio tetes (program sukoharjo masih polio tetes). (Ini jadwal puskesmas, Affan diimunisasi oleh kakak sy yang bidan di sukoharjo). Saat melihat KMS imunisasi selnjutnya, dsa heran kok imunisasi polionya tetes, karena di jogja program imunisasi polio sudah suntik semua. Lalu saya jawab saya imunisasi dari kakak di sukoharjo, program sukoharjo masih dengan imunisasi polio tetes.

Saat konsultasi dengan dokter, bearti affan dah mendapatkan imunisasi hepatitis B 3 kali, tidak perlu lagi saat usia 6 bulan. dan rentang waktu yang hanya 1 bulan dari imunisasi hepatitis B kedua menurut dokter anak tidak apa-apa, rentang 30 hari termasuk msh efektif. Dan untuk selanjutnya mengikuti program RS karena sudah mendapatkan imunisasi hepatitis B 3 kali.

Kalau dari rekomendasi IDAi imunisasi HiB adalah usia 2, 4 dan 6 bulan. Dari konsul dengan dokter , karenaAffan dah lebih 2 bulan belum mendapatkan imunisasi hiB, makanya tidak apa-apa untuk imunisasi hiB usia 6 bulan dan ulangan lagi saat usia 18 bulan.

Saat usia 9 bulan dimana jadwal imunisasi campak saya membawa Afan ke puskesmas untuk imunisasi campak, ternyata jadwal dipuskesmas untuk usia 9 bulan adalah imunisasi campak dan polio (2 kali suntik), tapi dr jadwal saya polio ke 4 tar lagi pas 18 bulan, jd saya cuman ambil campak aja di puskesmas..

Saya pernah menanyakan tentang perbedaan jadwal imunisasi antara di puskesmas dengan dari IDAi dengan dokter spesialis anak saat affan imunisasi, menurut dokter anak tidak jadi masalah, hanya memang ada jarak jarak ideal untuk rentang pemberian imunisasi seperti yang direkomendasi IDAi, sedangkan di puskesmas karena merupakan program pemerintah dengan jangkauan masyarakat yang sangat luas dan beragam jadwal “dipadatkan” dibarengkan istilahnya, biar masyarakat tidak lupa atau tidak males untuk bolak balik puskesmas, mengingat mungkin masih banyak masyarakat terpencil yang belum begitu sadar tentang imunisasi. dan menurut dsa yang saya tanya tentang imunisasi yang dianjurkan, kata dsa sebenarnya istilahnya bukan dianjurkan, namun karena dana pemerintah belum mampu mengcover semua imunisasi dimana memang jenis2 imunisasi yang dianjurkan seperti HiB tergolong mahal..dan menurutnya hiB akan diwajibkan untuk tahun-tahun mendatang.

Ya ya, penjelasan tadi baru sepihak saya dapatkan dari dokter anak, mungkin agak subjektif dari pandangan dokter anak..saya belum tahu penjelasan tentang program puskesmas. mohon maaf bila ada perbedaan pendapat. tentang keputusan imunisasi yang dianjurkan apa saja yang akan diambil tentu semua sepenuhnya menjadi keputusan orang tua, masing-masing orang tua bisa berbeda. Masing2 ortu tentu mempunyai pertimbangan masing-masing.

Ini menjadi pembeljaran bagi saya, untuk InsyaAllah kedepan, untuk imunisasi2 anak, untuk dari awal menjadwalkan imunisasi. Seperti saya ungkapkan sebelumnya penting untuk menentukan dari awal jadwal yang akan diikuti. karena misal dr awal dah imunisasi di RS dimana  Hepatitis B kedua saat usia 1 bulan, kl ke puskesmas tar dapet lagi di usia 2, 3 dan 4 di puskesmas ada imunisasi combo (hepatits b dan DPT) serta polio..

Imunisasi sebagai salah satu ikhtiar untuk menjaga kesehatan anak, memberikan kekebalan. semoga anak-anak kita selalu tumbuh sehat. amin

19 thoughts on “serba-serbi Imunisasi

    • kalau d’Krishna dulu BCG diberikan pada usia <7hr, wkt itu usia d'Kris 2 hari.
      Hepatitis B diberikan wktu usia 20 hari (menurut jadwal <7hr, tapi krn kondisi d'Kris kurang baik wktu itu jd diberikan wkt d'Kris dah sehat).
      DPT & HB waktu usia 2, 3, 4 bulan
      Polio usia 2, 3, 4, 9 bulan
      Campak usia 9 bulan (bareng sama Polio di usia 9 bulan).

      (mbuka KMS'nya d'Kris😀 )

      d' Ganesh skrg usia 1 bulan, sdh mendapat imunisasi BCG, HB, dan Polio 1🙂

      untuk Polio, DIY menjadi pilot project untuk imunisasi suntik, jadi di Jogja memang sudah suntik semua. Sedang di Jateng masih menggunakan tetes. (kata kk'ku😀 )

  1. mb’aq kok msh agak takut2 ya kl 1 jenis vaksin dikasih pe lbh dr 1 x dlm wktu yg brdekatan gitu. soale banyanganku brarti ada pemaksaan produksi/pembentukan antibodi dr dlm yg brkali2 pula, ato bhkan ada penambahan kadar antibodi dr luar yg berlebih ntar nya. tp ini cm perkiraanku dewe mb. mdah2an kliru ya.

    tp mgkn yg lbh aman sedapat mgkin cm fokus/konsisten ngikut jadwal di 1 tempat aja kali yo mb?

    mdh2an affan sll sehat & imun thdp smua penyakit ya dek.

  2. Wah ini pasti informasi yang sangat berguna bagi mereka yang mempunyai Bayi …

    Jujur saja …
    Kami sebagai orang tua … mengaku sangat bersalah …
    Imunisasi anak kami sepertinya belum lengkap … dan bahkan ada yang terlambat …
    (sangat teledor sekali )

    So …
    Mudah-mudahan artikel Bun Aff ini bisa membantu mengingatkan mereka yang membutuhkan …

    Salam saya Bunda Affan

  3. mantengin KMS n jadwal imunisasi..
    hingga usia 2 bulan sekarang, d’Ra dah imunisasi hepB di usia 0 hari, imunisasi BCG n hepB ke 2 di usia sebulan.. selanjutnya dari DSa dijadwalkan DPT, Polio, n HiB.. minggu depan niy jadwalnya..

  4. tolong kirim ke email jadwal/kalender imunisasi 2011, soalnya aq sempet pusing sama jadwal imunisasi anakku, kok beda sama jadwal imunisasi anak tmn ku….trims

  5. mau tanya dong, utk imunisasi MMR diwajibkan atau tidak? coz anak sya bulan bsk usia 18 bln, tp belum pernah diimunisasi MMR utk HIB dan IPD sudah diberikan (itupun utk ipd sy tanya ke dokter dulu) tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s