Mengungsi

Kamis, 4 nov 2010, dr mgrb kami yg tinggal di jl kaliurang km 9,5 telah mendengar gemuruh merapi dgn intensitas yg lbh sering, jendela kamar jg berderak2 terus. Jm 11 an lbh sy tbangun, ayahnya blng br sj trdengar gludug merapi yg kencang dan keras bgt. Sy antara tlelap n bangun, jd tdk bgt mndengar. Tp kt ayah, keras bgt, melebihi yg letusan hr sbtu sbelumnya yg sy critakn dposting sblmnya. masyaAllah, sy rasanya deg2 luar biasa, disms kel yg di sukoharjo,trnyt tdngar smpai sana. Stlh bbrapa saat bunyi klotak klotak keras di genteng, sy mbyangkan hujan kerikil n batu, tp trnyta hujan pasir. Keluar kamar, bau belerang sngt menyengat, sumpek, kyk msh berasap. Duh, sy byangin aff kasihan. Tengah Mlm itu km menutup lubang2 jendela kamar,agar aff tlindungi dr bau belerang. Sy aja sumpek bgt,apalg anak kecil. Buka intrnet, keadaan merapi meletus dahsyat lebih dr sbtu kmrn, jarak aman diperluas. Meliat kndisi yg spti ini, km menelpn kel di sukoharjo,untuk bsk pg2 mjmput affan untuk ngungsi. Krn ngeliat kndisi dirmh yg penuh abu tebal n bau belerang. Krn km msh hrs ngantor, aff dl sm mbakny yg ngungsi dl. Tengah mlm itu,kel jg meminta qt tuk ngungsi ke kota jogja atau mana dl. Tp km tengah mlm, ga mungkin keluar hny pk mtr, bayangin mlh kena hujan pasir. Ayah keluar,ke tetangga utk nanya kondisi spti ini gmn. Trnyta diluar ad bbrapa ptugas memakai HT slng koordinasi,t4 km jg dkt bgt dgn kali boyong. Tengah mlm itu,km menyiapkan kopor2 utk aff bsk pg2. Pagi2, qt ngeliat, trnyta dah banjir lahar dingin, dgn jembatan yg menghub dua kampung ambrol. subhanallah,kuliat di sungai byk batu2 besar. Tdk bayangin gmn kekuatan airnya shg batu2 besarpun terangkut. Jam 8 an,kel dr sukoharjo dah datang, psiapan2, sktr pukul 10.30 aff sm mbaknya ikut mobil pak dhe ngungsi ke mbahnya di skoharjo. Jm 11 an kami siap2 mnju kntor, dn berencana stlh dr kntor menyusul mengungsi. Siang itu km dikejutkan dgn angin btiup kencang,hjn abu yg btmbh deras,dan suara gemuruh keras skali. Oh,trnyta dr sungai boyong. Km ngeliat ke kali, dah penuh lahar dingin,hitam dgn kekuatan yg besar. Huua..ngeri bgt. Mnju ke kntor,abu tebal,suasana sendu,byk kuliat yg dah mau mengungsi. Kami bersyukur affan dah berangkat td, dah aman dgn pak dhe n mbahnya. Dr gogle earth,trnyta jarak km adl hmpir 20 km dr puncak merapi, jarak udara. Sblmnya sy kira km bjarak 40km,spti diposting sblmnya. Mkn kalo secara darat,mmg jarak dr jl kaliurang km 9,5 lbh dr 20 km..mkn 30 an km ya. Kami putuskan, km mengungsi. Aff smntara di t4 mbahnya disukoharjo,alhamdlh disini tdk tkena abu vulkanik. Malemnya km mnyusul ke sukoharjo. Smg merapi cepet anteng kembali.
Ya Allah, lindungilah kami smua. Amin

14 thoughts on “Mengungsi

  1. Aslkm. Mba, alhamdulillah yah kalo Mba sekeluarga, terutama Affan dah n gungsi ke tempat yang aman. Saya ajah ngeri liat yang ditipi. Moga2 semua sodara2 kta yang sedang diuji oleh Allah SWT diberi kesabaran dan tabah. Amien

    Btw saya add yah FB MBa. Saya mo minta tolong. Tapi itu juga kalo Mba Mitha sempat. Thanks

  2. wah senasib ya jeng, ngungsi…
    kalau aku sih ngungsi di condongcatur, tempat eyang ikhsan.
    Tapi yang bikin deg-degan, kantor ga libur padahal kantor kan masuk area 20 km dari puncak merapi.
    Jadi tetep masuk sambil sport jantung dan siap-siap evakuasi diri kalau tiba-tiba merapi meletus ke arah selatan…

  3. Untung Affan sgr diungsikan, soalnya gas & abu vulkanik mmg sgt berbahaya mb. Abunya mengandung mineral kwarsa, kristobalit/tridimit yg mrp kristal silika bebas penyebab silicosis (kerusakan saluran nafas kecil di paru shg tjd gangguan pertukaran gas di alveolus paru), slain itu paparan pd mata bs bikin kornea mata lecet & iritasitasi pd kantung conjuctival yg mengelilingi bola mata shg mata jd merah krasa spt kebakar & sensitif sm cahaya mb. Smentara gasnya mengandung air yg diikuti CO2 & belerang dioksida (SO2) dlm jumlah besar & jg sejumlah kecil hidrogen sulfida (H2S), hidrogen (H2), karbon monoksida (CO), hidrogen klorida (HCl), hidrogen fluorida (HF) & helium (He). Gas2 ini di konsentrasi ttt pd paparan jangka pendek (bbrp hari) atopun jangka panjang (bbrp minggu sampe bbrp bulan) bs jd penyebab sakit kepala, pusing, diare, bronkhitis (radang saluran nafas) ato bronchopneumonia (radang jaringan paru) & iritasi selaput lendir saluran pernapasan.
    Kebayang kan mb fatalnya, aplg pd anak2 yg emg organnya jauh lebih sensitive di banding kita org dewasa. Jd kl bs Affan pulangnya tar kl sdh bnar2 aman aja ya mb, aplg P4TKmat kan g libur jd mb’omi & m’tamim bs kerja tanpa kwatir keamanan dek Affan. Btw met tugas di Posko Peduli di kantor ya mb, moga uluran tangan kita bermanfaat bagi sesama. amin

  4. kl cah biologi itu bner bgt, tp kl ditambah kata ‘ahli’ wah abote tur adoh bgt je mb..coz infonya cm dpt dr baca buku ma internet tok kok mb. tp btw kok ngerti nek cah biologi yo mb?..hehe

  5. @mey, hehe, tau dunk, aku dah blogwalking, bkunjung balik ke blog mey, s4 baca2 n nyimpulin sndiri, hehe. Btw, aku dah komen, tp kok susah masuk yak.. Ya,kan mdalami biologi..suatu saat InsyAllah jd ahli deh..

  6. kesimpulannya adalah?….mikirdotcom.
    o ya sorry mb komentnya g’susah cm blm smpet dimoderasi aja, barusan dah tak approve & dah tak bales jg. tq yo mb da mo nge-add, tar tak add jg yo. ttg ‘ahli’ amin deh didoain, moga ada malaikat lewat ikut ngaminin yo…amin amin amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s