Aku mau makan sendiri

Dari awal acara makannnya Affan, dari usia 6 bulan, memang dibiasakan, makan sambil duduk atau (awalnya dipangku), tidak pakai acara jalan2 ke mana mana di luar rumah, selain melatih disiplin makan juga biar gak banyak kena debu kemana2 makannya. Dan acara main lagi dilakukan setelah selesai makan. Alhamdulillah berhasil, Affan punya kursi (tempat khusus, kursi biasa, bukan High chair hehehe) buat makan, kursi di pojokan jadi kehalang dua kursi, so tidak khawatir terjatuh, meskipun setelah dah bisa manjat2 ya manjat2. dan meskipun kadang juga masih minta turun dari kursi, namun yang penting masih didalam rumah.

Alhamdulillah, Affan selama ini makannya selalu mudah, apa-apa yang kita kasih mau.Meski kadang juga perlu dengan kita perjuangan hahaha, biasanya sih krn merangkak / berjalan turun dari kursi.

beberapa hal yang bisa saya share terkait pola makan Affan antara lain :

Untuk finger food , seneng kan ya baby kalau kita kasih makanan dan memakan sendiri dengan tangannya, biasanya di supnya saya bikinkan kentang dipotong kyk korek api tapi agak besar, juga wortel dipotong panjang, atau brokolinya juga bisa dijadikan finger food.

Oke..kentang memang jadi favorit. Selain saya juga suka kentang, kentang juga mudah dipegang dan empuk, tidak takut tersedak..dan enak di sup.

Namun khusus untuk Affan, finger foodnya jangan dikasihkan pertama kali saat acara makan, karena entarnya yang diminta yang bisa dipegang sendiri terus, yang nasinya ogah dan perlu dibujuk2. jadi pertama kita suapin nasi. baru deh disela-selanya kita kasih finger food yang bisa dia makan dan pegang sendiri. So suapan tetep jalan, latihan makan juga tetep jalan.

Yang kedua, saat anak sudah mulai seneng latihan makan sendiri, megang makan sendiri, nyuapin sendiri. Diawal2 latihan Affan ya suka lebih banyak yang diacak-acak dan dilempar2, kebuang2 daripada dimakan. Khawatir juga dengan asupan yang kemakan, meskipun secara teori sih bagus mengajarkan anak (baby) tuk makan sendiri (mungkin istilahnya Baby Led Weaning ) itu kali yak…

Nha untuk mengantisipasi hal tersebut saya punya trik khusus. Selain mangkuk nasi dan sayur serta lauk yang sudah kita siapkan untuk menyuapi si kecil. Si kecil juga kita kasih mangkuk dan sendok seperti yang biasa dipakai makan, dan diisi dengan sedikit menu makannya, ada nasi, sayur dan lauknya. Dan biarkan anak mojok makan sendiri dengan “mangkuk dan sendoknya”. Anak pasti seneng sekali makan sendiri, apalagi dah masuk usia setahun, senengnya mesti megang sendiri, nyendok sendiri meski sering kebalik dan tumpah hahaha. Dan disela-sela main-main ‘belajar makannya”, kita juga menyuapi dengan makanan yang telah kita siapkan… suapan dengan mudah diterima sembari Affan sibuk makan sendiri. So jadi saya tidak khawatir (bukan khawatir kotornya lho…) tapi tidak khawatir dengan asupan yang masuk, karena seringnya maem sendiri banyak yang tumpah dan juga Affan suka ngucek-ngucek makanan, menyebarkannya ke lantai dengan gerakan diangkat keatas pakai tangan dari mangkuk trus byurrr….ditumpahin ke lantai..hehehe

jadinya dengan Affan dikasih juga satu set makanan (mangkuk, sendok, sedikit makanan yang sama dengan yang dimakan) Affan juga belajar makan, tapi kita nyuapin juga tetap jalan, dan makanan bisa habis. Tapi seringnya Affan sendoknya dibuang kqkqkqkq..jadinya dia dengan santainya memakai tangnnya, menjumput dengan tangan, jumputnya pun sering kelepas-lepas, tapi dia tetep berusaha hehehe, dan dengan gaya yang kelihatan enak banget dia akan angkat tangannya kemulut dengan gaya dagu didongakkan keatas trus dia bilang sendiri ; aeeeemmmmmmmmm… Duh ..liat gayanya senengt..kayaknya nikmat banget..dan nikmati banget makannya.

Anak kecil kayaknya memang hobinya menjumput remah-remah dan memakannya.. Biasanya nek disupain ada yang jatuh dikursi, pesti dijumput dan dimakan..keliahatan seneng gitu dapetin remah2.. Tapi ya..seringkali juga yang masuk, remah2 bukan makanan, tapi nemu benda kecil trs dimakan..mesti ekstra ngawasin.

Ini foto2 Affan saat makan, ada yang asyik dengan mangkuk makanannya, ada yang sambil petakilan manjat2 kursinya kqkqkq

5 thoughts on “Aku mau makan sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s