Langkah-langkah kecil itu


graphics for moms

Alhamdulillah, setelah 13 bulan, aff dah mulai jalan lumayan jauh, dah reflek kalau mau mengambil sesuatu dengan berdiri dan berjalan, kalau sebelumnya masih sering merangkak dan jalan ke kita.

Dari proses berjalannya Affan saya mengambil beberapa hal.

Salah satunya tentang MEMBERI KEPERCAYAAN untuk menumbuhkan rasa percaya diri dam kemandirian.

Jadi Aff  saat berlatih berjalan ketika tahu kita pegangin dia dari belakang, Aff malah cenderung melengkung2 ke kita, atau kalau mau jatuh langsung aja istilahnya deglek ke belakang, karena dia tahu kita meganging dia, dan pasti akan kita tangkap sebelum jatuh. Tetapi ketika kita melpeas Aff, sama sekali tidak megangin dia sedikitpun , cuman mengawasi Aff dari belakang, Aff akan memaksimalkan belajar jalannya. Ketika goyah keseimbangan, dia akan berusaha menyeimbangkan diri dengan tangan, dan kakinya, sehingga tegak lagi dan tidak jatuh…ataupun kalau jatuh akan bangkit lagi..dan ya.itu berhasil…Artinya memang kami harus memberi kepercayaan pada Aff dan mengenyahkan rasa khawatir dan takut dan Affan akan berusaha mandiri namun merasa aman karena tahu kita dibelakangnya walauapun tidak memegangnya. Jadinya memang Affan tidak suka kalau digandeng hehehe, pun memang dari awal juga tidak minta dan tidak mau ditetah.

9 thoughts on “Langkah-langkah kecil itu

  1. Yup! Benar itu Bunda…
    Seperti yg pernah kutulis juga di “Langkah Pertama” -nya dik Krishna, tumbuhkan kepercayaan pada diri anak. Dan langkah pertamanya adalah si ibu harus percaya dulu bahwa anak bisa…🙂

    Seneng ya jeung mengikuti perkembangan anak…
    Tulis terus ya jeung…
    Kalo dik Krishna itu serumah sama aku, pasti deh kutulis terus perkembangannya.. Hehe..
    Sayang, ibu’nya gk ngeblog ky tante-nya ini… Hihi..

  2. Pingback: NINE FROM THE LADIES #3 | The Ordinary Trainer writes …

  3. silaturahmi saya di sini atas rekomendasi om NH, dan jadi mengingatkan saya ke masa sembilan tahun silam ketika putri saya belajar berjalan. Memang betul, melihat anak belajar jalan, sesungguhnya kitapun bisa mengambil pelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s