serba serbi Mpasi Affan di usia 10 bulan +

Ya, mulai usia 10 bulan lebih, untuk MPASI nya Affan telah mulai mamam nasi agak lembek dan sup. Dan skrng, nasi sm sayur terpisah, tidak seperti sebelumnya yang campur2 di nasi Tim nya.

Alhamdulillah Affan termasuknya senang banget makan dan mudah. maemnya pun kini dah lebih banyak dibanding sebelumnya. Tapi mungkin memang dah banyak aktifitasnya kali ya..skrng lebih langsing hehehe… Tiap kali ada yang buka kulkas atau pulang bawa tentengan plastik kresek pesti langsu teriak minta gitu..udah bisa meragain nyuwun (=minta) pakai tangan, tapi tangan dua dikatupkan hehehe

Jadi nasi lembeknya saya bikin nasi liwet. Caranya kayak bikin nasi liwet tapi pakai tatakan teflon wajan. saya caranya : nasi sama air dimasak dipanci sampai setengah matang (airnya tinggal dikit), diaduk aduk. Habis itu dimatengin dengan cara panci di taruh di atas wajan teflon terus ditaruh diatas kompor gas dengan api kecil. Kalau dikampung kan nasi liwet dimatengin dengan bara api. nha ini berhubung pakai kompor gas ya diakalin dengan cara ditaruh di atas wajan teflon.

Dan taraaa… nasinya enak..lembut dan masih kerasa manis. saya suka, jadinya saya pun kadang ikut makan nasi ini. Karena dari dulu dirumah, ibu saya selalu masak nasi liwet tidak pakai majic com. Memang orangtua saya tdk suka pakai magic com, menurut mereka dan saya juga mmg nasinya jadi kayak dah kering gitu gak kerasa manis seperti kalau nasi liwet, apalagi bila terus2an dihangatkan ..(ya saya lebih suka nasi liwet dingin..lebih adem dan anyes ..enak.).

Tapi kmrn2 mmg demi alasan kepraktisan, saya menggunakan magic com hahaha..

Tapi kyknya besok2 mau nasi liwet deh..

Sebagai pendamping nasi lembek, biasanya Affan saya masakin sup. Aneka sup deh. Mudah juga cara buatnya. Air + Kaldu + Sayuran. Bisa sup dengan tempe, dengan daging, atau sup ikan, ataupun tahu atau ayam kampung. Tinggal ditambah dengan sayurannya, kadang wortel, kentang, buncis, brokoli, bayam , kangkung, atau sawi. Terus kuahnya dikasih kaldu buatan sendiri .. Ya, Affan suka banget kalau pakai kaldu kuahnya.

Menu sup dan nasi lembeknya, untuk pagi dan siang hari, biasanya saya masak dipagi hari untuk makan pagi dan siang. Kadang juga cuman buat pagi, jadi siang masak sup lagi si mbak. Sedangkan disela-selanya biasanya affan mamam buah atau biskuit. Dan makan sorenya biasanya pakai kentang, atau bubur beras merah gasol sebagai karbohidratnya, ditambah dengan sayur dan lauk.. karena ini yang praktis masaknya, soalnya mbak yang momong affan yang masak. jadi biasanya mbak nya nyiapin buah(cemilan) sama mamamnya affan sore hari.

Tentang cemilan :

– buah.. yang ini mesti disuka, apel, pepaya, pear, jeruk (kadang2, susah nyari yg manis), pisang

– biskuit (saya cobain beberapa merek biskuit baby yang ada ditoko, eh,,awal2 suka habis itu dia bosen gak mau..saya sebenernya juga kurang ska terlalu manis sih bagi saya,)..Eh ternyata Affan juga kurang suka *syukurlah

Sampai saya tanya ke online shop tentang biskuit2 baby yang dijual, mana yang ada label halal nya , katanya gak ada yg label halalnya, yo dah …mending saya beri biskuit2 baby yang ada ditoko kebanyakan semua berlabel halal MUI *belum bisa bikin homemade biskuit..blm punya alatnya hehehe *alesan.com*…

sampai akhirnya disms lagi kalau Babychoice bbiskuit baby ada label halalnya. Akhirnya nyoba beli satu. Pas dateng tak liat2 mmng ada label halal MUI malaysianya namun nyempil dibawah dus gitu, makanya awalnya penjualnya bilang gak ada label halalnya. Dan taraa…biskuitnya tipis gak manis, dan kayak kerupuk gitu..dan Affan suka, ga bosen, dan ternyata di toko baby yang paling deket dengan kantor ada.. Ya okelah buat cemilan sekali kali …

15 thoughts on “serba serbi Mpasi Affan di usia 10 bulan +

  1. memperagakan nyuwun pakai tangan, tapi tangan dua dikatupkan hehehe

    saya tersenyum membayangkan ini …
    ekspresi mukanya dan sebagainya …
    pasti lucu byanget ini …

    salam saya

  2. Hebat yah Affan makannya gampang. Kalo Zahia susye boo😦

    Sama dunks, Zahia juga ga suka biskuit. Dan Bundanya emang cuma ngasih 1x ajah pas emergency karena lagi travelling (daripada ga ada makanan selama di bis)

    Kiss buat de Affan dari Zahia. Mmuach

  3. alhamdulillah affan dah tambah besar,,pastinya tambah pinter ya?
    udh bs apa skrg dek?salam dr fira ya buat adik affan….

Leave a Reply

