Adzan yang selalu berkumandang

Dunia memiliki perbedaan waktu antara satu wilayah dengan wilayah lain

Sebelum Adzan subuh sempat berkumandang di wilayah terbarat benua Afrika, Adzan Dhuhur pun siap berkumandang menjelajah belahan dunia lainnya.

Sementara kumandang Adzan Dhuhur belum sempat terdengar kembali di bagian timur Indonesia, Adzan Ashar telah siap menjelajah belahan dunia lainnya.

Saat gema Adzan Ashar belum selesai, Adzan maghrib telah merambah Bumi ini. Selang beberapa saat Adzan Isya’ pun siap melanjutkan.

Ketika gema Adzan Isya’ belum selesai di benua Amerika, Adzan Subuh sudah kembali terdengar di sebagian wilayah Indonesia.

Seiring bergantinya siang dan malam ternyata Adzan akan selalu berkumandang di bumi ini.

Subhanallah…melihat tayangan adzan magrib di Metro tertulis seperti diatas.. Ya.. tulisan tersebut membuat saya sadar.. Subhanallah..Adzan akan selalu berkumandang silih berganti… ya..antar daerah bisa hanya dalam hitungan detik.. belum selesai kumandang adzan disutau daerah, susah susul menyusul kumandang adzan di daerah lain…dan dalam waktu yang bersamaan pun di satu daerah adzan akan terdengar dari mana-mana, dari beberapa masjid.. Para   muadzin di penjuru dunia tak henti-hentinya bersahut-sahutan mengumandangkan adzan..InsyaAllah  setiap saat adzan akan selalu terdengar seiring perputaran bumi

Adzan panggilan sholat .. begitu syahdu mengalun… Maha Besar Allah…

Saya punya cerita tersendiri terkait adzan ini.. Saya menyimak dengan seksama adzan magrib di metro TV karena si kecil Affan..Jadi awalnya waktu itu Affan kalau ada adzan begitu serius menyimak.. Akhirnya kalaupas ada tayangan adzanmagrib di Metro TV..kita ajak Affan melihat dan mendengarkan adzan.. Dia seneng deh..Pas bunyi duk duk (sebelum adzan bedug ditabuh) dia mesti ketawa…habis itu ngeliat dan dengerin adzan.. Subhanallah… tayangan adzan mampu membuat si Affan duduk tenang liat dan denger(xixixi..biasanya kan dah merangkak kemana-mana..kalau pasa ada TV nyala ga digubris paling kl pas ada iklan yang musiknya agak rancak baru deh sekilas ngeliat)….

jadi sering jd agenda dengerindan liatin affan adzan di Metro TV… Nha gara2 itu, saya melihat tulisan2 tentang adzan di baris bawah tayangan adzan seperti diatas itu.

Setiap kali dengerin adzan kan kita ajarin adzan sambil tangan kanan ditaruh ditelinga.. *tentang ini ya seringnya kan kita liat kalau adzan pada naruh tangan kanan ditelinga*.. jadilah Affan hapal, setiap denger dan liat adzan di TV langsung pegang telinga..meski pegangnya sambil diusap sret sret hehehe…

Nha kadang kita juga bahasain , kita mau sholat dengan bilang Allahu Akbar dulu… kita bilang Ayo affan Allahu Akbar dulu, diajarin dengan tangan diangkat katas (posisi takbiratul ikram terus sedekap).. Eh Affan balesnya dengan naruh tangan di kuping…xixixi.. *jadi nyadar ga konsisten saya hehehe ..ngajarin mesti konsisten…

Nha biasanya kita kalau liat adzan, sambil nirukan Allahu Akbar terus taruh tangan di kuping..Affan ya bener dong ya bearti…

Eh ya satu lagi, kalau pas magrib kan terdengar adzan dari masjid, Affan tar bilang deh doh *bahasa planet , sambil ngeliat ke TV… hahaha..minta disetelin adzan di TV dia…Tapi skrang2 belum selesai adzan dah diparanin tuh TV di ketok-ketok pk tangan hahaha..sebelum2nya saya takjub dia bisa ngikutin sampai akhir gitu…

Oiya ada satu lagi cerita tentang adzan ini, jadi kan biasanya tuh affan liat adzan sm saya atau ayahnya.. pas kapan saya kan pulang agak telat melebihi waktu magrib..Affan denger dan liat adzan sm mbak yang momong Affan…eh kata mbaknya Affan nengok-nengok terus ke belakang (kearah pintu biasanya kita muncul kalau pas pulang)..*dalam hati Affan…duh ortuku pada kemana dah magrib belum pulang-pulang…*hihihi..ya mbaknya tuh selalu bilang : Affan tuh tau jam(=waktu)  kok hahaha…

9 thoughts on “Adzan yang selalu berkumandang

  1. Hihihi sama dunks dengan Zahia. Kalo denger adzan langsung heboh ambil sajadah terus ngelakuin takbiratul ikram dan sujud. Geli banget deh liatnya. Trus kalo adzan di tipinya habis, eh nangis tu bocah. Jadi we kami langsung menyalakan adzan yang ada di hape Ayahnya. langsung wajah Zahia hepi lagi🙂

    Kiss buat Affan dari Zahia

  2. Memang Dahsyat kumandang Adzan …
    Dan semoga Muadzin yang mengumandangkan Adzan dimulyakan ALLAH …

    Saya juga sedikit bercerita tentang Adzan …
    khususnya tentang jasa Muadzin yang sering kali kita lupakan …
    Dan Ajaibnya … Tulisan itu juga saya buat tanggal 27 April 2010 … (Padahal kita ndak janjian ya Bu …)🙂

    Jika berkenan saya menulis disini …
    http://theordinarytrainer.wordpress.com/2010/04/27/muadzin/

    Salam saya Bunda Affan …

  3. s7 bgt mb…mengajak affan mencintai adzan = mentarbiyah ruhiyah affan spy mencintai Allah Tuhannya. smoga smua ibu bfikiran yg sama ya mb.
    *btw untung si Affan g’ blg “duh gara2 Bpk sama mamah 1 kantor nih jd kl lembur kompakan deh pulang telatnya…tar kl diajak ke kantor lg, Affan mo protes deh sm bos kantornya hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s