Mudik, Imunisasi Campak, Radang

Long wiken 2 – 4 April kemarin, kami mudik ke simbahnya Affan dari Ayahnya Affan. Kami dijemput oleh keluarga kakak kamis sore, jadi kita berangkat dari jogja habis sholat isya, sekitar jam 1/2 8 malam. Alhamdulillah Affan dijalan anteng, sembari tengok kanan kiri liat aneka lampu dijalan. Trs krna dah jam bobo, affan bobo pulas dijalan. Sebelum nyampe rumah, kami mampir makan nasi goreng yang ada dipasar. Nha karena turun, mobil berhenti, Affan pun jadi kebangun. Jadilah dia ikut ngangkring di warung nasi goreng pakai tungku.

Affan seneng banget kalau liat ada orang uthek uthek… bakalan diperhatiin banget. Dirumah aja, kl ada yang uthek2 ngerjain apa gitu , pesti dia antusias pingin ikutan. Jadilah malam itu dia merhatiin si penjual nasi goreng yang uthek-uthek bikin nasi goreng pakai tungku sambil Affan sesekali bilang ah eh oh. Nasi gorengnya lumayan enak..mungkin krn pakai tungku dimasaknya..atau memang karena saya yang laper berat..xixixi

habis makan, kita lanjutin perjalanan yang dah gak begitu jauh, sekita jam 10 an lebih kami nyampai dirumah kampung halaman Ayahnya Affan. Krn dah malem bgt, bersih2 terus bobo deh.

Wah seneng banget disana, selain keluarga inti Ayahnya Affan, bertemu juga Simbah Buyutnya Affan, pakde budhe, bulek dll. Alhamdulillah Simbah Buyutnya Affan sehat, begitu ketemu Affan, langsung nyiumin si affan, Affannya cuman bengong..ngliatin hehehe.

Entah karena jarang diajak bepergian atau kalau lingkungan baru perlu ngenalin lebih lama, Affan disana mbok-mbok en banget. saya sampai heran. diajak yang lain pasti nangis, terus kalau saya kemana bentar gitu, ga didekatnya, nangis. Pun sama Ayahnya, kalau saya beranjak ninggalin Affan sebentar aja, eh Affan nangis kenceng. Kupikir,maklumlah mungkin hari pertama masih adapatasi di laingkungan baru. Waktu umur 4 bulan Affan juga dah diajak ke tempat Simbahnya, tapi kali ini kok masih nangis aja ya…

Sampai waktu itu,saya mau manasin Soto aja, Affan mesti ikut sambil digendong bapaknya.. Xixixi..Halah Fan..kayak apa aja..renteng-renteng kemana-mana. Saya tanya temen yang anaknya seumuran Affan , katanya sih juga gitu perlu kira-kira 3 hari tuk adaptasi.. Mungkin juga beda beda ding tiap anak.

Sepulang dari tempat Simbahnya, hari selasa ( 6 April 2010 ) . Affan imunisasi campak. Kali ini imunisasinya di Puskesmas. Eh pas di sana, ditanyain : ini imunisasi campak sama polio 4 kan? saya jawab : enggak, mau imunisasi campak aja, jadwal polio 4 nya, tar pas 18 bulan.

Oh, ternyta ada lagi perbedaan program imunisasi di puskesmas dengan di RS (dokter), di puskesmas polio 4 dilakukan usia 9 bulan bareng sama imunisasi campak. terus imunisasi polio 1, 2 dan 3 di usia 2, 3, dan 4 bulan bareng (combo) sama hepatitis B.

saya pernah nanyain ini sih ke dokter anak terkait jadwal imunisasi yang berbeda. Dr awal Affan ikut jadwal imunisasi dr Rs tempat lahirnya di sarjito, imunisasi hepatitis B 1 di usia 1 bulan. Kalau kata dokter anak waktu itu, di puskesmas imunisasi polio digabung sm hepatitis B , agar program pemerintah ttg imunisasi tercapai,karena kadang masyarakat enggan kalau harus bolak balik, jadilah digabung. Tapi jadwal yang beda, dua duanya oke oke aja..

Karena imunisasi campak jadwal sama, saya imunisasi di puskesmas tidak di RS  kyk imunisasi2 sebelumnya.

Setelah imunisasi Alhamdulillah gak ada panas. namun hari jumatnya (imunisasi hari selasa) , Affan anget. (kyknya bukan dampak imunisasi, tapi mmg lagi musim), malemnya tambah anget, saya ukur suhunya 37,8 – 38 drajat celcius gitu. Kerasa banget sih panas, walau blm nyampe 39. Malam itu saya kasih Sanmol. sabtu siang dah ga anget. Dan Affan tetep aktif, ceria, dan makan lahap. Namun sabtu malam anget lagi, dan malam minggu itu Affan disela-sela tidurnya, nangis kenceng, sambil kucek kucek mata dan hidung..Duh..kita bingung, liat mata kiri Affan merah banget plus bawahnya (kantung matanya) jendol, dan dia tampak gatel gitu hidung dan mukanya dikucek2 terus. saya tenangin sambil digendong-gendong, lama-lama bobo lagi. Minggu pagi badan masih anget, jadi kita putuskan ke dokter anak.

Di dokter anak, diperiksa, ternyata Affan kena radang, krn bakteri gitu. Trs hidungnya tersumbat jadinya naik ke saluran air mata yang menyebabkan matanya merah kyk belekan gitu. Karena kondisinya dah begitu makanya dokter memberi resep antibiotik. Kata temenku sih dokter anak yang kami kunjungi ini ga buru2 kalau kasih obat, tergantung kondisi, sebelumnya putra temenku demam, pilek gak dikasih antibiotik.

Affan diberi antibiotik,amoxan drop (sirup),salep mata cenol, obat hidung tersumbat (Alco), sama vitamin daya tahan tubuh (Igastrum).

Awal2 ketika kami kasih obat pakai pipet, Affan antusias banget, maklum dikira dikasih makanan baru gitu . ya ya ya..Affan antusias banget tiap kali dikasih maem. Nek kita nyuapinya telat..dia dah teriak teriak hahaha. Tapi setelah tau rasanya obat itu, dia ngernyit2 nangis hehehe. Duh ,awalnya takut trauma gitu, nek tiap kali ngasih obat nangis. tapi ternyata setelah itu , dia cepet banget belajar, minum obat pakai pipet dah gak nangis, sruput sruput di hisap pipetnya, dan ketawa..tapi kuncinya setelah minum obat kita kasih air putih,Affan kan seneng sama air putih, makanya dia semangat kl minum obat, mungkin ngerasa habis minum obat dihadiahi air putih hehehe. Antibitiknya memang harus habis,makanya kami minumkan habis. kalau obat Alconya cuma beberapa hari aja, Igastrumnya sekali sekali.

tentang salep mata saya kasihkan kl pas bobo. duh..kasihan ngeliat matanya yang merah, jendol dan kadang keluar air mata kayaknya pedes gitu..ga tega ngeliatnya. Namun Alhamdulilah, hari selasa berangsur membaik, matapun dah kembali putih, mesti masih ada sisa sisa masih merah. Dan hari kamisnya…ternyata giliran saya yang kena demam(anget gitu) dan hari jumatnya persis kyk Affan, mata memerah , meski merahnya gak separah affan. dan saya ada batuk juga. Affan setelah sembuh radangnya..duh tertular juga batuk dari saya. Wah jadi berantai gini.

Saya kedokter, dpet salep mata juga. ternyta byk juga yang men galami kyk saya. Putra2nya sakit sampai mata merah, setelah sembuh giliran ibuknya kena. katanya emang lagi musim. Alhamdulillah sekrang dah mulai pada baikan.

Saya banyak mengkonsumsi madu tuk nyembuhin batuk. Affan krn sebelum batuk ada anget lagi, tanya sm saudara yang bidan, sy kasih sirup could and cough for baby sehari. Terus juga diberi air rebusan kencur.

Affan meski sakit, masih tetep ceria, aktif , maunya main terus. Jadi malu deh, saya nek sakit dikit dah ngerasa gimana gitu….

Semoga sehat-sehat terus ya nak…. Sedih banget rasanya kalau anak sakit.

5 thoughts on “Mudik, Imunisasi Campak, Radang

  1. wah, affan mudik juga ya? biasa gitu jeng kalau jarang ketemu jadi rada takut. Ikhsan dulu juga gitu kalau diajak ke tempat mbahnya di bantul, kelet sama aku dan bapakna. Tapi lama-lama karena sering ta ajak ke sana, sekarang malah lengket sama mbah kakung putrinya..

    kalau anak sakit emang, jadi sedih. Ya semoga aja sehat terus ya affan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s