Affan 7 bulan +

Alhamdulillah Affan sekarang dah menjelang usia 8 bulan. Pada umur 6 bulanan  lebih, Affan mulai ongkok-ongkok, istilah jawa yang kurang lebih artinya dah ambil posisi merangkak namun belum bisa merangkak. jadi dia tuh malah melompat.. sebelum melompat badan.punggung di goyang goyang dulu kedepan kebelakang kayak pelari mau ambil start, habis itu lompat deh…jedug..trs ngebluk kebawah deh ke kasur ato ke karpet. Pas lagi seneng2nya melompat..bangun tidur pun langsung ongkok-ongkok dan melompat.. begitu terus ..kayknya dia masih penasaran belum bisa memecahkan misteri melompat hehehe.

Terus kita ajarin juga, dicontohin ding..merangkak diangkat satu-satu kakinya..nha Affan bluk..lompat kedua kaki bersamaan🙂

…Dan kalo tertarik mengambil sesuatu Affan merayap, krn belum merangkak baru ongkok-ongkok. Makin lama rayapanya makin canggih dan super cepet..meleng dikit dah nyampe mana-mana deh.

Yang paling heboh kalao mau makein baju or celana, pesti deh kejar – kejaran..nha Affan dah ngeliat apa langsung deh merayap kesana kemari. jadi habis mandi pesti heboh deh kejar-kejaran tuk makein baju or celana hehehe.

Sekarang ini mulai usia 7 mos 2 w dah gak cuman ongkok-ongkok, namun dah mulai bisa merangkak namun paling 2 langkah dan agak oleng, habis itu kalo ngejar sesuatu dia kyk ga sabar jadi deh merayap lagi,..kan cepet banget tuh kalo merayap dengan tumpuan siku dan lututnya… wush wush…sambil tereak tereak ngejar sesuatu.. kalau dah mau ngejar sesuatu kita kasih yang lain, biar dia balik ke kita..cuman diliat sekilas….habis itu langsung menuju sasaranya… kalau baca2 di nakita, merangkak bukan merupakan pencapaian krn ada bayi yang tidak melalui fase merangkak, namun yang menjadi pencapaian adalah bayi tertarik dengan suatu obyek dan berusaha mengejar tuk mengambil atau meraihnya.

Masih suka juga ada benda2 dimasukin ke mulut. Sekarang dah bisa ngambil barang yang kecil banget kayak potongan kertas, biji jeruk atau remah remahan di lantai atau semut…Subhanallah ternyta awas banget ya liat benda kecil…

Kalau ngambil benda yang kecil banget, kyknya konsentrasinya jadi besar..jadi bener2 diperhatiin…terus diambil/dijumput dengan tangannya. Duh..mesti waspada nih… nha benda kecil gitu loh…

jadi mesti lantai atau karpet dibersihkan dari remah-remah atau biji2 yang jatuh…. Pernah mbak yang momong cerita, Affan ngenggam sesuatu gak mau dibuka genggamannya, terus pas bisa dibuka ternyata di genggamanya ada hewan serangga kecil item… (doh)

Tempat tidur sekarang dah kita turunin.. ngeri aja kalau masih diatas dengan Affan yang dah kesana – kemari.. sekarang ini Affan kalau pas diatas tempat tidur maunya kepinggir ngeliat kebawah pingin turun..kalo dah dibawah , eh naik keatas.. Affan dah bisa naik ke tempat tidur setinggi bednya elite spring bed itu (setelah diturunin kita pakai bed aja gak dipakai matrasnya).. jadi caranya dia pegang tempat tidur trs maju maju gitu kyk bayi lagi rambatan…trs lama-lama naik deh ke atas tempat tidur, meski gak kita pegangin namun tetap dijaga jaga dari belakang, takutnya meleng gitu.. duh ngeri juga…

Affan dah bisa duduk sendiri kalau kita bantu duduk, namun seringnya sambil pukul2 lantai atau tanganya bertumpu dilantai..belum begitu bisa duduk tegak….kalau pas duduk tegak gak ada penumpu….jadi oleng deh…bluk…terus jadi posisi tiduran lagi … merayap lagi atau ongkok-ongkok lagi.. (ga tau apa karena lebih suka posisi merayap atau karena kebiasaan kita kasih senderan ya..jadi kadang agak oleng kalau duduk sendiri hehehe..) ..gapapa..besok belajar lagi ya nak…

Nha paling suka tuh pukul-pukul, semakin kuat bunyi benda yang dipukul semakin girang… apalagi kaleng roti favorit jadi inceran pukul-pukulnya.. tiap ketemu benda pesti dipukul-pukul, ketemu pintu ketemu apapun dipukul.. kalau ketemu yang panjang ditarik-tarik…kayatk liat kabel charger HP, rafia..trs juga suka narikin rambut kita hehehe.. senengnya bereksplorasi ya nak…

Selain pukul-pukul suka juga lempar melempar, jadi semua yang dipegang dilempar..terus diliat kebawah sambil didengerin bunyinya..makin kenceng makin gedumbrang makin girang…terutama kalau kaleng atau apapun yang didekatnya di lempar… Kemarin baca di tabloin Nakita memang usia bayi segini masih suka lempar melempar.. kata di Nakita : lempar melempar pada bayi bearti dia lagi belajar mengembangkan kecerdasannya..belajar sebab akibat… mengenal benda satu dengan benda yang lain berbeda bunyi yang ditinbulkannya… jadi kita mesti mendukung..

Btw, saya setiap senin membeli tabloid Nakita,seringnya pas satu edisi pas sama bahasannya dengan perkembangan Affan..jadi terbantu…

Gimana ttg MPASI nya? Alhamdulillah lancar.. meski pun trnyata tambah aksinya, jadi yang sendok mau dipegang sendiri, terus mangkok mau dikobok (dicelupin) tangannya, terus sendok dipegang makanan jadi tumpah di tangannya atau tangan yang nyuapin habis itu dijilat (iihhhhhhhh..adaa ada aja ya) :-D  Alhamdulillah tambah aktif…biar tambah pinter ya nak.. tapi sempet khawatir jg takutnya banyak yang tumpah drpd yg dimakan ..🙂

Gigi belumtumbuh, namun gusi dah keras dan sudah ada tampak keputihan kayak bakal gigi gitu..

Kalau pas lagi bercanda-canda atau main ciluk ba.. tereaknya bisa kenceng banget.. tapi kadang setelah tereak-tereak kenceng uhuk uhuk deh😀

seneng banget juga dengerin lagu-lagu di album tasya yang si gembala sapi .paling suka sih yanglagu  : Bum chas bum chas bum bum… yang ada jedag jeudg drumnya..(pas bgt dengan hobinya pukul-pukul)..kalau denger lagu ini nyengir terus pukul-pukul pahanya sendiri😀..

Terus lagu tasya yang ada kalimatnya : hujan hujan dimana mana (lupa euy judulnya apa).. setiap denger kata hujan langsng ngeliat keluar (lewat pintu) atau jendela kalau pas dikamar, soalnya kalau pas hujan sering kita tunjukin ke luar dan bilang : hujan tuh nak..  jadinya tiap denger kata hujan ngeliat keluar..

Sama juga kalau bilang burung mesti ngeliat keluar. affan ini hobi juga duduk diteras sambil ngeliat angin, hujan atau suara burung-burung.. tar kalau dah bosen pingin merayap kesana-kemari (turun kelantai) ..duh dia ngoceh gak jelas gitu.,.. trs ngotot juga jadi kalau mau sesuatu (misal mau merayap or merangkak kesana kemari) tapi kita pangku dia akan teriak-teriak kayak ngeden gitu hehehe…

Kalau habis mandi sore pingiinya main keluar. kalau dulu sebelum musim hujan setiap sore jalan-jalan di masjid . ramai banyak bayi yang main kesana juga,plus banyak anak-anak TPa. jadi dah jadi kebiasaan.

Oiya Alhamdulillah sampai usia 6 bulan Affan tidak pernah sakit. Cuman waktu usia 7 bulan lebih dia agak meler dikit banget waktu bersin. Trs hidung agak mampet. Tapi gak nyampe pilek heboh. Cuman pas bersin kadang ada sedikit cairan keluar dr hidung dan pas nenen kadang hidung kayak agak tersumbat. Pas malam saya kasih parutan bawang merah dicampus minyak telon diusapkan ke punggung dada, kaki sama kepala. Sama setiap habis mandi di olesin Transpulmin BB di dada, leher dapunggung, plus belakang telinga sering dikasih minyak telon.Alhamdulillah gak bindeng (hidung mampet) danga ada meler.

Nha pas hari selasa, saya kasih semangka sedikit, krn semangka juga dah boleh dikasih di usia 7 bulan. Tapi saya tidak tau apakah penyebabnya semangka atau bukan. hari rabu BAB 2 kali, hari kamis 3 kali sehari, hari jumat sekali sehari..konsentrasi memang agak berbeda dari biasanya.agak lebih cair. ..namun masih ada ampasnya. sempet khawatir jadi diare juga. hari sabtu 2 kali sehari. Hari sabtu saya sms saudara saya yang bidan sama sms juga ke dua Dokter spesialis anak yang dulu nanganin Affan pas lahir dan pernah imunisasi ke DSA tersebut. .. Saya memang tidak menetapkan satu DSA. Tuk imunisasi kemarin ke beberapa DSA hehe.. .. SMS Belum dijawab. Terus telepon ke RS, ternyata lagi gak praktek. terus dapat jawaban dari Saudara saya yang bidan yang dulu juga nungguin saya di RS waktu melahirkan bilang : gapapa, asal banyakin minum. Diare kalau dah lebih dari 5 kali sehari dan konsentrasinya cair banget. Jadi lega deh. dari Dsa di jawab juga : bisa dikasih Lacto B..dan untuk pemeriksaan lebih lanjut bisa hubungi dokter terdekat. hari sabtu sms teman yang punya jadwal DSA yang praktek sore. .. buat jaga jaga aja dah tau jadwal. kalo DSA yang saya sms prakteknya jam setengah 8 malam, . kadang sampe ngantri..padahal jam setengah 8 jamnya Affan bobo malam..praktek di RS gak setiap hari..kmrn wiken juga. Namun Alhamdulillah hari sabtu siang sampai sore sampai hari ahad pup normal. Jadi ga jadi jadi ke DSA..kalau kata tetangga sih mungkin mau tambah pinter🙂.

Pola tidur malam..tidur antara jam 7 atau jam 8 malam.. bangun tuk nenen antara sekitar jam 3 an atau pas subuh, habis itu tidur lagi.

Oiya tentang tidur siangnya ada perbedaan antara hari senin-jumat dengan wiken. Jika wiken bersama kita orangtuanya, tidurnya bisa lama, satu kali tidur bisa sampai 2 jam, bahkan 2 jam setengah. biasanya dua kali tidur . sekali tidur 2-2,5 jam. tapi kalau pas kita tinggal kerja waktu tidur siangnya cuman sebentar . setiap tidur paling 1/2 jam – 45 menit. tapi sehari sekitar kurang lbh 4 kali tidur..(masih cukup sih kalau ditotal jumlah bobo siangnya).. Cuman kita jadi mikir aja..tau ajah kalau wiken…mungkin ditemeni ayah sama mamanya ya jadi gak nunggu-nunggu kita pulang kantor makanya bobo siangnya lama

oiya Affan bisa bahasa gaul kayak di facebook2 gitu..jadi dia kalao liat seuatu yang menarik atau apa seringnya bilang …. GIIIIIAAAAAH ( baca jiiiaah… ) sambil ketawa..😀.. Terus kita bilang : oh mbak giah ya (warung sebelah) hahahaha

*yang Jiaah… ini isering dipakai sama tt di facebook… kalau akumasih bingung menerapkan kata jiahh😀 …. untungnya gak kata Ciiiat… (hayo ini siapa yang sering pakai kata ini di plurk.. kqkqkqkq)

Alhamdulilllah ..semoga sehat terus ya nak.. tambah cerdas, tambah pinter.

Ini dia si Affan

6 thoughts on “Affan 7 bulan +

  1. terus mangkok mau dikobok (dicelupin) tangannya, terus sendok dipegang makanan jadi tumpah di tangannya atau tangan yang nyuapin habis itu dijilat …

    Itu khas banget kelakuan anak-anak bayi …
    Lucu sangat …

    Semoga Affan sehat-sehat selalu ya Bu …

    Salam saya

    • iya nih om NH.. Amin .. makasih ..

      btw..saya dah baca posting2 yang berkatagori my family di blog om loh.. lucu2 ya tingkah anak cowok.. kalo pesennya teman2 kantor kalo sama anak cowok jangan cerewet-cerewet.. bener gak om?? xixixi…

  2. waduh nak, mamamu komplet plet ceritanya…
    dari ongkok2, sampai MPASI, sampe hujan, burung, naik2 kasur, ngliatin ke bawah…awas nylempit di antara tembok & kasur ya…hehe…

    tetep sehat ya Nak! Bagus ya pertahanan tubuhmu, sampe 6bln blm pernah sakit. Jangan sakit ya nak, mamamu pasti sedih kalo km sakit, ya kn ma😉

    Jadi kangen sama Affan ni Ma..
    Kapan main t4 Aff lagi ya. Pengen denger Aff ngucapin ‘jiaaah’ ky tante tt…😛

  3. semangka emang kadang bikin diare kalau kebanyakan jeng. sebelum 1 taon aku belum brani kasih semangka ke ikhsan.

    emang kalau diare dikasih lacto B lumayan majas. Tapi kalau pup-nya belon sampai diatas 5 kali dalam sehari masih aman & ga usah dibawa ke dokter.

    yup semoga affan sehat terus ya…

    • iya mbak entik..kyknya mmg mungkin krn semangka..pdhl cuman dikit ngasihnya dan sekali aja..

      kalo diare agak khawatir saya mbak..takut dehidrasi..jadi tak pantau bener beberapa hari itu hehehe..*kyk jon pantau ajah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s