MPASI pertama Affan

Ya ya ya… Alhamdulillah Affan skrng sudah 6 bulan lebih 1 mingguan. Dan…kali ini saya mau cerita tentang MPASI Affan pertama kali. MPASI pertama dimulai pada hari minggu, tgl 13 Desember 2009. Affan lahir tanggal 14 Juni 2009. Dimulailah MPASI tgl 13 desember, pas hari libur biar mama bisa yg pertama nyuapin plus juga ngajarin mbak Rizki (yg momong Affan) masak makanannya Affan.

Tahap persiapan

Tahap persiapan dimulai dengan melengkapi peralatan makan dan masaknya Affan. Sampai saat ini pakai set home baby food makernya Pigeon, feeding set pigeon, plus alat2 stainless steel buat ngukus, buat bubur dsb.

Selain alat tentu yang utama tentang menu. Dari browsing2, sharing sm teman2,plus baca beberapa buku.

Buku2 yg kupunya:

1. Super food for baby, buku ini oke bgt deh..isinya lengkap tuk bayi pe usia 1 tahun.. plus juga ada tabel makanan yang boleh diberikan per jenjang usia. Buku ini dikadoin dr istrinya temenku, maklum dianya lulusan gizi..jadi pas bgt ngasih kadonya buku ini… thanks ya

2. Menu bayi dan balita

3. Variasi makanan sehat bayi, tulisan Wied Harry Apriadji..BUku ini oke deh..selain ada resep menu per usia ada tips2 tentang MPASI, memasak makanan untuk bayi, menyiapkan makanan bayi tuk ibu bekerja.. Oke nih, secara sy memilih tuk memberikan homemade baby food.

4. Buku saku kumpulan resep bubur susu dan jus buah untuk bayi, namun kok ditiap resepnya ada tambahan gula ya..kuliat cetakan kpn..ternyata buku itu cetakan baru 2008…kirain cetakan dah lawas gitu.. kok ya ada tambahan gula … yah..dah kadung dibeli… yg penting sblm 1 tahun..no garam..no gula

Sebenarnya browsing2 dah ad asih resep2 MPASI, namun mantep nih ngeliat dibuku yang sebagian besar full color dan kertasnya mengkilap hehehe..

Di tahap persiapan ini juga memutuskan mau memulai MPASI pertama dengan menu apa. DAn berdasarkan browsing2, baca di wholesomebabyfood, pengalamannya mommynya ganesh, serta di bukunya Wied Harry A, yang nyebutin gini

buah segar menjadi pilihan pertama MPASI. Berbeda dari nasi dan makanan pokok lainya, buah segar mengandung karbohidrat yang mudah dicerna yaitu gula buah. KEmudahan gula buah dicerna bayi mendekati ASI karena secara alami dilengkapi enzim pencerna. Oleh krn itu, buah digolongkan dlm predigested food atau semidigested food, yaitu makanan yang sudah separuh cerna.

So, Bismillah…akhirnya Mama mutusin buah alpukat mentega sebagai MPASI pertama Affan.

DAn Affan pun gak mau kalah sibuk nih..milih2 menu di buku🙂

….Ma..Affan pesan mamam buatan mama yang paling enak…

Ini dia serunya mamam pertama Affan…pertama2 dirasa2 dulu..setelah itu nyam nyam..dilahap deh.. enak ya…terus setelah mamam girang banget deh…

Alhamdulillah… mamam yang dikenalkan ke Affan selalau gak ditolak. Yang sudah dicicipi Affan :

– alpukat

– pisang kepok, ya ya..ini brdasarkan rekomendasi beberapa teman kantor bhwa pisang ambon suka bikin sembelit (mungkin bila dikerok smpai ke biji kali ya), dan browsing2 juga ada bahwa pisang kepok merah yang oke buat MPASI. DAn kebetulan pas ada pisang kepok pesan sm teman yang masak pohon..hm..enak..jadilah gak pakai pisang ambon tapi pisang kepok, tar kpn2 pisang ambon

– pure pear (xiang lie), suka bgt Affan..memangharum dan manis

– bubur tepung beras merah (pakai tepung beras merah organik gasol)

– bubur tepung beras coklat (pakai gasol juga)

– pure kabocha

Mamam yang lahap dan sehat ya nak… MG tumbuh jadi anak yg sehat dan cerdas ya…

10 thoughts on “MPASI pertama Affan

  1. sebulan lg Rayhan jg dah mau MPASI mudah2an jg selahap kak affan. Salam kenal ya kak affan dari Rayhan…:)
    kita tukeran link yuk…😉

    omietha:
    salam kenal juga rayhan… yup ayuk ayuk tukeran link…. dah su pasang di blogroll… btw.. kok gak bisa komen ya saya di blognya mama rayhan… di klik gak muncul nih menu komenya

  2. wah keknya affan seneng deh dengan menu MPASI buatan mama-nya. Aku juga dulu bikin sendiri MPASI buat ikhsan. Ikhsan ga pernah aku kasih MPASI instan.

    seru dan puas rasanya bisa bikin MPASI buat anak sendiri apalagi kalau anak kita doyan. Aku ada juga lho beberapa resep MPASI fav ikhsan dulu di blog.

  3. duuhh… ngk tau ternyata ada email dr mama kak affan, habis jarang update siiih..🙂
    mbak, masalah udh teratasi jd skrg dah bisa komen2 deh. heheheh
    makasih ya mbak dah dikasih tau..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s