Kejahatan terselubungkah???

Duh duh..pagi  pagi kok syerem amat judul postingannya…

Ada apakah…??!!!

Jadi ceritanya gini..ini tentang saudara sepupu saya yang bulan agustus kemarin melahirkan di Kudus. Karena tekanan darahnya tinggi, makanya diambil tindakan operasi sesar. Dan ternyata ada gejala preeclamsia yang menyebabkan asupan ke janin lewat plasenta berkurang..jadi meskipun usia kandungan telah cukup bulan ( 9 bulan ) namun baby yang dilahirkan BBLR alias berat badan lahir rendah..beratnya hanya 2,1 kg. Alhamdulillah kondisi bayi dan ibunya sehat.

Dan ini juga kebahagiaan tersendiri bagi saya, karena sepupu saya ini yang sepantaran dengan saya dan melahirkan dalam jangka waktu yang berdekatan hanya selisih dua bulan dari saya. Dulu saya dan sepupu saya ini mencari tempat kuliah dan ujian UMPTN bareng bareng. Jadi waktu hamil dulu kita sering bilang : ‘ tar anak-anak kita UMPTN nya bareng ya..kuliahnya bareng juga ya..” hehehe.. InsyaAllah.

Trs apa hubunganya dengan judul diatas?

Hal ini dimulai dengan SMS sepupu saya yang bilang gini : Asi ku kok sedikit ya??

Trs saya bilang : Sering disusuin aja..InsyaAllah semakin sering menyusu semakin banyak produksi Asinya..

Ternyata oh ternyata si baby gak mau lagi nenen ke ibunya…karena dari begitu lahir sama pihak rumah sakit udah diberi susu formula dengan menggunakan botol dan dot.. Padahal si baby termasuk bayi dengan berat badan rendah yang mengakibatkan daya hisapny agak kurang..dan seharusnya harus terus di nenenkan ke ibunya agar terus belajar menghisap payudara. Namun karena di rumah sakitnya udah diberi botol dan dot mengakibatkan si baby bingung puting dan tidak mau menyusu ke ibunya..ketika disusuin mnangis dan kalau diberi dot langsung diem dan minumlah sufor dengan lahapnya.

padahal sepupu saya cerita kalau diawal2 PD nya sampai bengkak karena begitu banyaknya ASI yang diproduksi. Jadi sebenarnya ASInya berkurang bukan karena produksinya memang sedikit namun karena jarang dihisap oleh babynya.

Dan yang lebih mengejutkan pihak rumah sakit memberi soufenir berupa produk susu formula merek X yang terkenal harganya mahal serta ada juga souvenir berupa botol dan dot. Padahal seperti yang pernah kubaca (CMIIW) peraturan dari Menkes pihak Rumah sakit dilarang keras memberikan souvenir berupa susu formula ..mempromosikan susu formula serta dot.. RS harus mendukung pemberian ASI Xclusif. Dan bila memang karena sesuatu hal si Ibu terpaksa tidak menyusui, susu formula diberikan melalui sendok, atau hasil perahan ASI si Ibu diberikan ke baby melalui sendok, tidak dengan dot. Karena bayi dibawah 3 minggu sangat rawan bingung puting jika diberikan dot. Dan yang terjadi dengan sepupu saya itu dari awal baru lahir telah diberi sufor dengan dot di RS nya.

Menurut sepupu saya RS tempat sepupu saya melahirkan termasuk besar di daerah Kudus. ( saya lupa tidak menyakan detil nama RS Nya… ups… jangan2 tar kena kasus kayak bu prita) ..duh takut…..

AKhirnya si baby diberikan susu formula merek yang sama yang mahal itu…dan denger2 sih merek susu itu kalau dah dikasih sufor tesebut si baby tidak mau ganti sufor lain..

Mendengar cerita ini..miris saya..karena kok tenaga medis dan pihak RS malah bekerjasama dengan produsen sufor dan dot yang jelas jelas ini dilarang sesuai peraturan menkes. Jadi yang dirugikan si ibu dan baby… padahal ASI adalah yang terbaik buat baby..tidak ada tandinganya dengan sufor sekelas dan semahal apapun.. Dan menurut kami ini udah termasuk kejahatan moral yang terselubung… Kecuali bila memang karen asesuatu hal si IBu terpaksa tidak bisa memberikan ASI.

Alhamdulillah saya melahirkan di RS yang pro ASI xclusif dan ketika awal2 ASI belum keluar didukung dan diajari treatmen dengan masage  agar cepet keluar..serta dibesarkan hatinya dengan dikatakan :” bentar lagi keluar kok…Dan baca2 dari berbagai blog di kota kota besar sudah banyak RS yang pro ASI.

Buat sepupu saya….yang sabar..saya bilang : COba terus diusahakan disusui dan ASI di perah agar produksi ASI tetap terjaga semisal si baby belum mau nenen…

Semoga anak2 kita tumbuh sehat, cerdas menjadi anak yang sholeh..memberi keberkahan..menjadi cahaya mata bagi kita orangtuanya….

7 thoughts on “Kejahatan terselubungkah???

  1. wah miris denger ceritanya, karena ikhsan dulu juga sempat ngalami bingung puting. Gara2nya aku sesar dan 3 hari pertama ASI belon keluar dan dikasi sufor dengan dot.
    Bingung dan panik adalah hal yang kurasakan . Untung pihak RS kasih semangat dan ASI-ku mulai lancar di hari ke7.

    dot dan sufor emang hal yang perlu dihindarkan pada bayi yang baru lahir supaya bayi ga bingung puting. Kalau emang bayi terpaksa diberi sufor, sebaiknya pemberian ga lewat dot tapi disendok.
    semoga sepupunya jeng omi sabar dan ASI-nya bisa lancar


    Omietha

    IYa mbak… amin..makasih

  2. Mbak mita,
    Dulu adik ipar saya juga dikasih sufor dan dot waktu abis melahirkan. Alasannya adik ipar saya melahirkan SC dan dibius total selama operasi.
    Padahal bayi tidak diberikan apa-apa saja bisa bertahan hingga 48 jam.

    Semoga keponakannya cepat kembali mau menyusu sama mama nya ya…
    Dan ke depannya, pastikan sewaktu hamil kita memilih RS Bersalin yang sayang bayi…


    OMietha

    Yup…sip mom

  3. Sedih juga ya stlh membacanya. Mestinya pihak RS harus selalu pro-ASI dan kalaupun harus menggunakan sufor yang dikarenakan ada suatu hal sehingga si Ibu tdk bisa memberikan ASi, mestinya pihak RS meminta persetujuan dari Ibu sang bayi.

    Semoga sepupunya mbak tetap sabar dan terus semangat memberikan asix kpd baby-nya ya…🙂

    Omietha
    amin…. makasih mom danis

  4. Iiiih..suka geregetan deh kalau denger ada RS spt itu. Semoga tidak makin banyak “korban-korban” kapitalisme RS yg tudak bertanggung jawab itu ya. Buat sepupu mbak, yang sabar ya. Insya Allah dikasih jalan bisa memberikan yang terbaik buat anaknya🙂

    omietha : Iya bun… makasih

  5. Salam kenal bunda….boleh di link ya….
    Zalfa anak saya lahir prematur BBLSR, RS tempat melahirkan sih pro ASI tp saya cuma bisa ngasih asi 3 bln itu aja di perah karena Zalfa gak bisa nenen. Karena banyak faktor juga terpaksa Zalfa saya kasih sufor, tapi nanti kalo Zalfa punya adik mudah2an bisa kasih ASI full. Karena ASI adalah yang terbaik.

    omietha:
    salam kenal juga BUnda Zalfa…seneng deh dikunjungi ummi…blognya saya link juga..biar sering main main..hehehe…
    Iya bunda….Amin..mudah2an tuk adiknya Zalfa. Iya bunda, saya mengerti….Bunda pasti sudah melakukan yang terbaik buat ZAlfa…. Salam buat Zalfa yang cantik………

  6. mama affan, aku berkunjung ya ke blognya…hehhe..seneng baca2 postnya. terus terang baca post yang ini jadi inget waktu anak pertama aku juga dikasih sufor loh mom awalnya, alasannya karena asi ku belom keluar *padahal dicoba aja belom, lah aku aja baru ketemu babyku lusanya kok*
    tapi alhamdulillah adam abis itu mau nyusu langsung dengan rakusnya hehe

Leave a Reply

