ASIX for Affan

Sebenarnya udah berkelebatan banyak banget yang mau ditulis…tapi belum sempat.  Kali ini saya mau cerita tentang program ASI xlusif buat Affan.

Pertama Persiapan

Tahap persiapan dengan searching berbagai info maupun pengalaman para bunda di blog blog terutama tentang ASIP, manajemen asi buat working mom..

Selanjutnya melengkapi properti breastfeeding, dari botol kaca penyimpan ASIP, botol susu BPA free, cup feeder dan sendok tuk memberikan ASIP buat AFfan, mini elektrik breastpump, cooler bag dll

Perlengkapan ini kubeli secara online…ALhamdulillah memudahkan sekali. Karena barang2 dengan merek tertentu seperti MEDELA jarang ada di toko2 baby di jogja, dan ternyta praktis dan mudah. Tinggal searching cari harga yang termurah (teteup…..)… transfer barang datang….

Belajar memerah dan memberi ASIP ke Affan

tahap belajar memerah dengan tangan dari hasil browsing2…awal2 hanya dapet sedikit…dan setelah baca2 refiew2 kucobalah mini elektrik breastpump MEDELA…Alhamdulillah dari pertama sekali memerah 40 ml naik terus berturut 60 ml, 100 ml, 110 ml dan 140 ml..kyknya blm pernah lebih dari 140 ml…

Tentang memberi ASIP ke Affan…Setelah lahir Affan sudah pernah diberi ASIP melalui sendok sehingga tidak begitu ada hambatan. Terus terang saya tidak berani menggunakan dot buat Affan. Selain karena takut bingung puting juga takut bila nen nya ke saya berkurang..karena saya di waktu istirahat kantor bisa pulang..jadi saya asumsikan Affan tidak perlu dot..Karena di saat pagi sampai sore Affan bisa nen ke saya min 4 kali. Dan sejauh ini tidak protes atau nangis saat minum ASIP pakai sendok. Tapi pernah saat masih minum ASIP pakai sendok, pas saya pulang..eh tahu saya pulang..Affan nangis dan nen lah dari saya dan gak mau lagi yang pakai sendok..hehe..tahu aja..Tapi kalo pas saya ada dikantor so far lancar2 saja..Amin

Manajemen ASIX Affan

Saya memerah biasanya pagi hari untuk diminumkan pada jam antara jam 8 – 12. Dna juga memerah lagi siang (bila perlu) dirumah untuk diminumkan antara jam 1 sampai jam 4.

jadi pagi hari bangun tidur Affan nen, setelah itu saya memerah untuk keperluaantara jam 8 –  Jam 12. saat istirahat saya pulang untuk nen ke Affan,kalau Affan nen nya dua kali saya tidak memerah lagi, tapi kalau nen nya cuman sekali biasanya saya memerah lagi.Dan sudah ada di kulkas ASIP untuk diminumkan dalam rentang saya kembali kekantor yaitu jam antara jam 13 – 16.

Jadi sebisa mungkin saya memberikan ASiP yang dikulkas, misal ada kelebihan atau sisa saya taruh frezer untuk stok dan jaga2. Biasanya antara jam 8 – 12 sebelum saya pulang dari kantor Affan minum ASIP dua kali. Rentang  jam 13 – 14 sekali, kadang kalau dah kenyang pas nen dua kali pas saya pulang saat jam istirahat< di rentang jam tersebut Affan tidak minta minum. Minum saat saya pulang dari kantor. Saya pulang dari kantor jam 16.00.

Selama ini Alhamdulillah lancar….Semoga lancar terus InsyaAllah sampai 2 tahun.. AMin

NB : baru bisa share in….belum sempat nulis yang lain hehehe..yang sebenarnya dah bersliweran pingin ditulis

6 thoughts on “ASIX for Affan

  1. semangat ya jeng omi buat ASIP untuk affan. Aku dulu juga gitu, pagi sebelum berangkat kantor memerah ASi buat ikhsan dan istirahat kantor pulang ke rumah buat kasih nen sekalian merah untuk persediaan sore. alhamdulillah ikhsan bener-bener cuma minum ASI ampe 6 bulan dan setelahnya baru belajar maem.
    Ngasih ASI eksklusif bener-bener butuh perjuangan, tapi hasilnya jelas lebih bagus dibanding susu formula.

    btw asisten dirumah kooperatip to?

  2. @ke2nai
    makasih makasih

    @jeng entik
    Sip mbak..SEMANGAT
    Hehehe..banyak banget cerita gonta ganti asisten RT…besok2 kutulis deh…. wes memang susah susah sulit cari ART itu

  3. Ikut seneng nih dik Affan dapat ASIX dari mamanya. Selalu semangat ya merah ASInya. Di usia Dita hampir 16 bulan, ASI ku berkurang nih. Tapi tetap semangat merah ASI tiap hari. Gak tahu bisa sampai 2th apa gak nih…dijalanin aja lah🙂

    omietha
    Iya bun..makasih..kmrn pas mudik juga kok berasa berkurang banget ya..mungkin karena asupan yang kurang ijo ijoan dan agak ribet..tapi alhamdulillah begitu balik kondisi normal lAGI….ASI lancar lagi….banyak sayur dan susu kalau saya kuncinya

  4. mama affan..dulu sekali minum antara jam 8-12/13-16 itu dia habisnya brp ml? shifaku 2bln3mgg seminggu ini mulai ditinggal kerja. klo minum asip cuma hbs 40-60 ml dri jam 9-12..kalo sore lebih sedikit lagi..takut BBnya tdk naik optimal/krg cairan..pls share yah..

    • salam kenal mb ery… kalau Affan ternyata menurutku ketika ditinggal kerja juga termasuk dikit minum ASIP nya. namun memang kompensasinya ketika sy ad dirumah dia nenennnya kuat. jadi jam 8 – 12 kira2 habis 100 ml kadang malah 80 mili diminum dua kali 40 ml tiap minum. terus jam 13 – 16 habis kira2 30- 60 ml.Dikit kan yah..tapi sy istirahat siang bisa pulang kerumah nenenin, dan biasanya dia nenen kuat, jadi mungkin kebantu itu, dia minum ASIP nya cuman segitu. soalnya ada babynya temenku yang sekali minum ASIP smapai minimal 140 ml. Tapi BB Affan naiknya bagus per bulan min 1 kilo. jadi ga ada mslh.

Leave a Reply

