surat rujukan yang ga jadi out of date

Sabtu kemarin aku kembali ke JIH tuk periksa rutin kehamilan…Karena aku pakai ASKES seperti diceritakan disini, maka mesti nyerahin dulu surat rujukan dari Puskesmas atau sebenarnya bisa juga dengan dokter keluarga yang telah kerjasama dengan ASKES.

Aku masih membawa surat rujukan yang saya pakai periksa awal maret kemarin. Surat rujukan itu tertanggal 28 februari, dan masa berlaku surat rujukan itu selama sebulan.

Untung-untungan juga sih pakai surat rujukan itu untuk periksa tanggal 28 maret 2009 moga aja masih bisa kepakai, secara agak males mesti antri juga di puskesmas.

Di bagian pendaftaran ku serahin kelengkapan periksa Kartu Pendaftaran, Kartu Askes plus surat rujukan askes tersebut. Sama mbak petugasnya dibaca, dilihat tanggalnya dan melihat tanggal yang ada di jam tangannya.. Duh…wah..dah out of date nih…..

Aku diminta menunggu, mbak petugasnya menanyakan ke temen disebelahnya. Agak lama juga kita menunggu sampai akhirnya di panggil sama mbak petugas pendaftaran.

Petugas : ” Bu..surat rujukan ini habis berlakunya tanggal 27 kemarin”.

Aku : ” hmmm… (sudah kuduga)

petugas : ” Ini kami buatkan surat rujukan dari dokter keluarga, dibawa saja nanti bisa dipakai pas periksa lagi. Masa berlakunya sampai tanggal 27 April”.

Aku : “wah..terimakasih”

ALhamdulillah…seneng juga..ternyata sama mbak petugasnya dibuatin surat rujukan dari dokter yang telah kerjasama dengan JIH. Jadi bisa memakai surat rujukan dokter tersebut untuk klaim askes..dan karena mulai bulan depan periksa sudah per 2 minggu sekali jadi bisa digunakan lagi surat rujukan tersebut karena masih berlaku…jd gak jadi out of date….wah..memudahkan sekali bagi pasien…gak perlu balik lagi or misal tetap lanjut daftar ya tidak pakai askes…

Setelah daftar, dokternya belum datang karena masih ada menangani persalinan. Aku di tensi sama ditimbang dulu sm perawatnya. Tensi darah Alhamdulillah normal kt mbak perawatnya 100/70, BB dah tambah naik 2 kilo dari periksa terakhir, total kenaikan BB 11,5 kg.

Krn dokter belum datang, kita sholat ashar dulu. Setelah sholat, dokter dah datang…Sambil nunggu antrian masuk periksa nonton idola cilik..kebetulan TV diruang tunggu lagi nyetel program idola cilik…

Setelah menunggu melewati beberapa antrian, tiba giliranku tuk periksa. sama dokter di hitung denyu jantung juga terus di USG. Alhamdulillah dah masuk minggu ke 27…menurut dokter denyut jantung baby stabil, posisi baby dah sesuai kepala dah dibawah.mudah-mudahan gak berubah sampai melahirkan…letak plasenta alhamdulillah normal jadi bisa mulai ikut senam hamil mulai 2 minggu kedepan….berat baby sudah 1 kg lebih dikit..semoga lancar dan sehat terus..

Dari berbagai bacaan baik buku, blog ibu2, maupun saran2 ibu2 lain harus mulai banyak jalan sehingga memudahkan saat persalinan normal nantinya.  Aku sudah mulai juga jalan pagi 30 menit perhari. Semoga tar bisa melahirkan secara normal dengan lancar dan sehat semuanya…

One thought on “surat rujukan yang ga jadi out of date

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s