Subsidi ASKES dan Jaminan ASKES?

Beberapa bulan ini aku menggunakan layanan ASKES PNS untuk keperluan kontrol rutin kandungan dan kehamilan.

Alhamdulillah..kerasa juga bedanya….lebih ringan bo’ biayanya

Namun aku belum tahu persis peraturan tentang dana kesehatan ASKES. Waktu di JIH menanyakan tentang apa saja yang dicover sama ASKES, dijawab sma petugasnya, misalnya tuk pendaftaran loket gratis, jasa dokter spesialis ditanggung ASKES 40%, USG ditanggung ASKES 30%, obat-obat atau vitamin2 tertentu yang dicover ASKES gratis.

Nha belakangan ini kuperhatikan dengan seksama kuitansi pembayaran.

Dikuitansi itu misalnya tuk jasa USG tanpa print tertulis harga Rp 65.000, Jaminan ASKES Rp. 60.000, Subsidi AsKES (Rp 19.500), ditanggung pribadi Rp 0.

Nah, subsidi ASKES yang Rp. 19.500 bearti subsidi sebesar 30% dari harga layanan USG yaitu Rp. 65.000. Bearti ini sesuai dengan yang dikatakan oleh petugas bahwa untuk layanan USG mendapat subsidi ASKES sebesar 30%. Sebelumnya kukira kuhanya dipotong biaya 30% dan 70% nya tanggungan pribadi. Ternyata tidak karena ada jaminan ASKES sebesar Rp 60.000 tuk layanan USG.

Untuk yang lain-lain juga seperti itu, misalnya jasa dokter juga ada subsidi ASKES sebesar 40% dari total biaya dokter dan juga ada jaminan ASKES. BEgitu juga karena kemarin kudiminta tes darah juga mendapat subsidi dan jaminan dari ASKES.

Aku belum tahu pasti bedanya subsidi dan jaminan. DAn ketentuan tentang jaminan maupun subsidi dari ASKES. HAnya menduga – duga. Mungkin jaminan adalah nilai yang memang ditentukan oleh PT ASKES bagi pengguna ASKES, jumlahnya juga berbeda-beda tergantung jenis layanan kesehatan yang diambil. Sedangkan subsidi adalah potongan sebesar sekian persen dari total biaya layanan. Besarnya prosentase juga berbeda-beda tergantung dari jenis layanan yang diambil. Nah jumlah yang harus kita bayarkan (pribadi) adalah toatal biaya layanan setelah dikurangi dengan subsidi ASKES dan jaminan ASKES. Sebagai contoh, saat ku USG tanpa print subidi askes 19.500, jaminan ASKES 60.000, sdnagkan biaya layanan USG 65.000, karena subsidi ditambah dengan jaminan ASKES melebihi total biaya maka yang menjadi tanggungan pribadi Rp 0 alias tidak membayar. Tapi kalau USG dengan print karena ada tambahan biaya print maka kita menambahi kekurangan biaya.

Aku mencoba browsing tentang layanan dan ketentuan ASKES tapi belum nemu nih. Ada yang tahu tentang jaminan dan subsidi ASKES? Pliz share…

4 thoughts on “Subsidi ASKES dan Jaminan ASKES?

  1. Dulu sering protes kalau Ibu mesti mampir puskesmas dulu nyari rujukan sebelum ke RSU, sekarang ternyata aku lebih rajin dari Ibu…he3,Btw, kemaren agak susah nyari rujukan di Puskesmas Ngaglik I,pasalnya Puskesmas Ngaglik I pernah diprotes RS Sarjito karena RS Sarjito kebanjiran pasien yang sebenarnya masih bisa dilayani puskesmas. Nah menurut Puskesmas Ngaglik I yang namanya rujukan itu mestinya atas inisiatif Puskesmas dikarenakan pihaknya sudah tdk dpt menangani. Nah lho…bagaimana yg benar??

  2. Pingback: surat rujukan yang ga jadi out of date « Be Like A Bee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s