week 15…

Kemarin tanggal 3 Januari 2009, aku kembali ke dokter kandungan untuk periksa rutin tiap bulan. Wah lumayan lama jam 5 sore kita baru pulang padahal berangkatnya pagi2 jam setengah 8. Kok bisa?? ceritanya panjang.

ita berangkat pagi-pagi karena bermaksud tuk meminta rujukan dulu ke Puskesmas Depok 2. Yup….kalau mau menggunakan askes harus memakai rujukan dari puskesmas yang ditunjuk.

Sampai sana dah agak ramai, mengambil nomer antrian dapat nomer 15. Lalu mendapat antrian periksa poli umum mendapat giliran nomer 11. Karena poli belum buka dan kita belum sarapan, akhirnya kita keluar dulu tuk mencari sarapan.

kembali ke puskesmas ah jam 9. Kulihat di nomer antrian poli umum.. Wah dah nomer 13. Baerti dah kelewat nomerku. Khawatir aku tidak dapat mendpat nomer antrian, kumasuk dan bertanya sambil bilang nomer antrianku 11. Alhamdulillah ternyata dipersilahkan tuk nunggu didalam tuk diperiksa.

Sebelumnya ditimbang dan di tensi dulu, masuk ke ruang dokter, ditanyakan keperluanya. Terus menunggu tuk dibuatkan surat rujukan. Surat rujukan ini berlaku 1 bulan. Setelah dicap, kita keluar puskesmas dan menuju JIH yogya. Disana agak lama di resepsionis karena saya harus mengisi blanko pengisian askes. Setelah itu dapatlah nomer antrian 5 tuk ke Dr. Yasmini, SPOG. Dari perawat dapat keterangan bahwa dr . yasmini baru akan datang pukul 10 karena sedang menangani proses persalinan di klinik bersalinya bukan di JIH.

Setelah itu aku ditimbang dan ditensi

BB = 51 kg ( naik 1 kilo dr bulan lalu, total naik 4,5 kg)..Dari baca2 karena BB ku diawal hamil normal maka kenaikan total sampai melahirkan idealnya 11-15 kg.

Tensi : 90/60, sebelumnya di puskesmas ditensi 100/70

Sampai jam 10an, kita dikasih tahu perawat bhwa DR. Yasmini belum bisa datang karena masih menangani persalinan, kemungkinan datang pukul 1/2 12. Kta boleh mengcancel atau menunggu, ku putuskan menunggu tpi keluar dulu. Sambil menunggu jam 1/2 12 ku ke Toko buku toga masa membeli kado buku tuk temenku yang mau nikah. Sambil lihat-lihat berbagai buku dan ternyata saudara2, pulangnya kita nenteng 6 buku ditas belanjaan….

Aku juga membeli dua buku tentang persalinan.

Disaat pilih-pilih buku, aku ditelpon oleh pihak JIH, mungkin perawat yang membantu dr yasmini, bahwa dr yasmini belum bisa datang baru datang antara jam 2 sampai jam 4. ditanya lagi apa aku akan cancel atau lanjut. Kuplilih lanjut, karena selain sabtu susah bisa ke JIH karena khan ngantor.

Tapi seneng juga aku ditelpon tuk diberitahu, jadi gak kecele. Setelah dari toga mas kita putuskan langsng kembali ke JIH tuk makan siang di kantin JIH plus sholat, karena cuaca di luar sangat sangat panas…enak kali ngadem di sana tar.

Setelah makan siang, kita ke mushola yang ada di lantai basement. Wah tuk menuju mushola lewat lorong2….

Jam 2 Kita dah stand by di JIH. Sekitar jam  3 an baru datang dokternya. Dan kita dapet antrian ketiga. Ada yang mencancel juga sepertinya.

Dan seperti biasa di USG. Alhamdulillah…baby menurut dokternya baik dan sehat, ukuran dan besar sesuai dengan usianya yaitu 15 minggu. Diukur panjangnya 94 mm. Wah…dah tambah banyak darperiksa bulan lalu 44 mm. Ditunjukkan juga kedua tangannya yang sedang di taruh dimukanya..kenapa ya? baby nya malu kali ya diliatin hehehe..

Alhamdulilah…semoga sehat terus ya nak…

Tapi pas mau diprint posisi pencarian gambar pakai USG gak begitu kelihat , jadi gak begitu jelas hasil print print an USG nya.

Dari apotik diberi obat penambah darah dan vitamin ibu hamil PRENATIN serta CAL 95 (tablet kalsium)

Ketika di apotiknya aku detail nanyakan kandungan kedua vitamin tersebut, tuk tahu komposisinya. Memang sih selama hamil trismester kedua kebutuhan yang penting adalah kalsium dan zat besi agar terhindar dari pengeroposan tulang dan anemia. Serta kebutuhan kalsium ibu hamil meningkat dua kali lebih banyak perharinya, sehingga aku juga diberi tablet kalsium. PRenatin selain vitamin dan mineral juga mengandung asam folat 0,8 mg. Jadi FOLAC, tablet asam folat yang diresepkan sebelumnya sudah tidak diminum lagi diganti Prenatin.

Keluhan

Sudah hampir jarang sekali muntah..morning sickness dah berkurang…

tapi memang sih karena kecapekan atau kedinginan kali ya pas pulang dari periksa khan dah jam 5 an jadinya pulang dijalan muntah. Tapi secara umum keluhan mual muntah dah jauh berkurang…

Dan menuju 4 bulan ini, dimana dalam hadis disebutkan akan ditiupkan ruh kedalam janin, serta ditentukan takdirnya…ku senantiasa berdoa..

Semoga Allah meniupkan ruh yang terbaik, menetapkan kebahagiannya di dunia dan di akhirat, memberinya umur yang panjang dan barakah, rizki yang barakah sebagai ladang amalnya, memberi akhlak yang bagus, membaguskan suaranya dalam membaca dan memahami al Quran dan Hadist. Amin….

OIya..ni cerita tentang ASKES….lumayan juga ….dapet potongan karena menggunakan askes. Yangjelas biaya pendaftaran gratis, dokter dan USG mendapat potongan, obat ada yang gratis yang termasuk daftar askes dan ada yang enggak.
tapi Alhamdulillah lumayan..jadi bisa buat yang lain anggaranya, meski memang potonganya gak penuh tapi It’s Ok….

Asal rela dikit meluangkan waktu mengambil surat rujukan di puskesmas….Lagian juga surat rujukan berlakua 1 bulan.

6 thoughts on “week 15…

  1. mbaaaa omiiii…. kok bisa nyasar ampe blognya bunda…. ya ntas foto2 ical bakal lebih sering ditampilin dehhh… ternyata bukan mba omi aja yang requesttt… ical abis akit niie mba, batuk-pilek-panas..

    calon adek bayi gmn???? sehat-sehat kan…. kata bunda, mba omi jangan apek2 yaaaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s