Sedikit tentang PMRI

Mengikuti materi dan makalah yang disampaikan oleh DR. Yansen Marpaung, pegiat PMRI dari Universitas Sanata Dharam temtang PMRI ada beberapa hal yang disampaikan.

Beliau menjabarkan tataran parktis dari PMRI antara lain:

  1. Guru harus mengupayakan murid aktif dalam pembelajaran. Murid harus aktif mengkonstruksi pengetahuannya sendiri
  2. Pembelajaran sedapat mungkin dimulai dengan menyajikan maslah kontekstual/realistik. Realistik artinya siswa dpat menbayangkan situasi yang disajikan dalam masalah
  3. Guru memberi kesempatan pada siswa menyelesiakan masalah dengan cara sendiri. Matematika adalah suatu proses yang bermuara pada produk. Proses ini disebut matematisasi. Cara untuk mendapatkan suatu produk bisa berbeda beda. Melalui matematisasi siswa perlahan lahan dibawa dari konkrit ke abstrak
  4. Guru mendorong terjadinya interaksi dan negoisasi baik abatar siswa dan siswa, juga siswa dan guru
  5. Guru menciptakan suasana pembeljaran yang menyenangkan
  6. Intertwining (sifat saling terkait) antara materi ajar
  7. pembelajaran berpusat pada murid
  8. guru bertindak sebagai fasilitator
  9. Kalau siswa membuat kesalahan jangan dimarahi, tapi dibantu dengan pertanyaan-pertanyaan, secara empati membantu siswa

One thought on “Sedikit tentang PMRI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s