Pembelajaran Tematik

Materi yang saya suka dari Diklat PMRI salah satunya adalah tentang pembelajaran tematik.

Pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan atau memadukan beberapa kompetensi dasar dan indikator dari kurikulum beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan untuk dikemas dalam satu tema.

Dalam pembelajarn tematik lebih menekankan pada pengalaman dan kebermaknaan siswa dalam belajar, sehingga siswa memperoleh pemahaman yang utuh dalam proses pembelajaran yang mengaitkan antar mata pelajaran.

Dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang SI dan SKL disebutkan juga keharusan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan tematik untuk kelas I, II, dan III.

Menarik….Dalam kelas rendah (1, 2, dan 3) ketika mengajar dengan pendekatan tematik akan banyak manfaat yang diperoleh siswa, siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi beberapa mata pelajaran dalam tema yang sama.

Dalam diklat, kita dibagi menjadi 6 kelompok dan masing – masing kelompok diminta membuat suatu jaring tema untuk contoh pembelajaran tematik di SD.

Hasil hasil diskusi kelompok saya masukkan dalam slideshare berikut ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s