Budaya tunjuk tangan

Dua hari kemarin kita disuguhi untuk menonton video yang berisi kegiatan pembelajaran matematika dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Video pertama sebuah pembelajaran dari inggris dan yangkedua sebuah kelas sekolah dasar di belanda.

Menarik….banyak hal yang bisa didapt dari kedua video yang kita tonton.

Satu hal yang paling menonjol anak-anak tanpa ragu untuk tunjuk tangan ketika akan mengemukakan ide, pendapat atau menjawab pertanyaan. Setelah dipersilahkan oleh guru baru mereka berbicara. Nampak sekali siswa yang aktif dan berani untuk mengemukakan pendapatnya.

Dan saat berdiskusi kita juga membahas bahwa dalam sebuah pembelajaran kurang begitu pas ketika guru mengajukan pertanyaan maka siswa menjawab secara koor bersama-sama.

Dan hal inilah yang masih agak sering kita temui di pembelajaran2 di kelas. Lebih baik guru membiasakan mengatakan tunjuk tangan bagi siswa yang akan berpendapat atau menjawab.

Hal ini sangat bagus bagi siswa untuk belajar mengemukakan pendapatnya sendiri, tertib, bisa mendengarkan pendapat teman lain/orang lain, menghargai pendapat teman lain, berani mengemukakan pendapat meskipun itu berbeda dengan yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s