Bermimpilah…..

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.”

Arai –

Kata-kata itu yang tertulis di gantungan kunci imut warna hitam dan disebaliknya tertulis Laskar Pelangi. Gantungan kunci ini kuperoleh saat tadi malam (11/11/2007) mulai pukul 19.00-21.00 mengikuti acara grand opening MP Book Point. Acara bertema “Mengejar Mimpi Masa Depan”. Menghadirkan pembicara tiga tokoh. Ada Andrea Hirata (Penulis Tetralogi Laskar Pelangi), Meuthia Hafidz (Jurnalis Metro TV), serta Ibu Pangesti, Phd ( UNY dan Biro Kerjasama Luar Negeri Depdiknas).

Hmm..Menarik khan ngeliat rentetan pembicara yang hadir.

Sebelumnya tentang MP Book Point dulu yang baru grand opening. MP book point ini salah satu toko buku baru yang menawarkan konsep kenyamanan saat membaca dan mencari buku. Jadi ada kafe dengan hotspotnya, terus taman-taman didalam toko bukunya.

Deket lho..Di jalan Kaliurang Km 6,3, depan apotik Tina Farma. Pas grand opening ini, MP Book Point nawarin diskon sampai 70%. Meski memang sih koleksinya belum selengkap Toga Mas.

 Namun strategi openingnya boleh juga..dengan nyelenggarain kegiatan2 yang menghadirkan penulis buku yang best seller.

Salah satunya acaranya ya yang tadi kusebutin bertema “Mengejar Mimpi Masa Depan”. Wah yang dateng banyak banget..sampai penuh dan berdiri diri. Acara dilangsungkan di samping toko buku lumayan cukup luas juga. Alhamdulilah ku dateng agak awal jadi kebagian tempat.

Menarik sekali yang disampaikan ketiga pembicara. Baik tentang mimpi-mimpi mereka, usaha mereka mengejar mimpi-mimpi maupun tentang buku yang mereka tulis. Meuthia Hafidz sudah menerbitkan juga buku berjudul ” 168 jam dalam sandera ” ( kalo gak salah inget jumlah jamnya :)), yang menuturkan pengalamannya ketika diculik di Iraq.

Oya ada info menarik..Laskar pelangi akan difilmkan, diproduseri oleh Mira Lesmana lewat Miles Production dan akan disutradarai oleh Riri Reza.

Yang menarik, ketika acara td malam Andrea Hirata cerita, ditanya oleh Riri Reza : Mau film yang seperti apa? Dijawab film yang bisa menginspirasi kakak untuk bisa mengajak adiknya. Nha di acara td mlm, ada salah satu penanya yang masih SMA mengatakan sedang pusing dengan pelajaran, diajak kakaknya ikut acara ini supaya semangat kembali. Nha Andrea Hirata lalu mengatakan saya akan mengapresiasi seorang kakak yang telah mengajak adiknya ke acara ini…Hmmm..so sweet..Terus si kakak di kasih deh doorprize buku laskar pelangi…

Dari sekian banyak yang datang rata-rata sangat terkesan dengan buku andrea hirata. Bahkan ada seorang ibu yang mengatakan datang dari solo untuk mengikuti acara ini dan bilang saya merasa bahagia ketika membaca buku laskar pelangi... Aku sendiri belum pernah membaca utuh..baru tahu sekilas-sekilas..Tapi sepertinya bisa merasakan kesan positif  yang ada dalam novel tersebut dr acara tadi malam.

Ada banyak hal yang dibagi dlm acara tersebut…cerita Meuthia Hafidz dgn beasiswa di Australia, Andrea Hirata mewujudkan mimpinya kuliah di Sorbone Perancis..ternyata itu ada di buku Edensor

Ikal dan Arai adalah pemimpi yang berani. Walau terlahir dalam keluarga sederhana di Belitong, mereka memiliki mimpi setinggi langit. Mimpi yang diperolehnya dari Pak Balia, guru SMA-nya.

“Murid-muridku, berkelanalah, jelajahi Eropa, jamah Afrika, termukan mozaik nasibmu di pelosok-pelosok dunia. Tuntut ilmu sampai ke Sorbonne di Prancis, saksikan karya-karya besar Antoni Gaudi si Spanyol.” (hal 34)

Dan dengan segala keterbatasan, ternyata mereka mampu mewujudkan mimpi berkelana di Eropa. Disebutin tadi malam oleh Andrea Hirata .memang sebelumnya tidak ada Logic Explanation tentang mereka yang  desa kecil belitong mampu mewujudkan mimpi-mimpinya..Tapi seperti yang dicapkan Arai ”Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu”. Yup..wujudkan mimpi dengan berusaha dan berdoa..

Trs ada peserta yang nanyain kabar Arai gmn? Dijawab lengkapnya kabar Arai di buku keempat Maryamah Karpov yang belum terbit. Trs ada salah satu prtanyaan yang menarik dari peserta, apakah untuk sukses mewujudkan mimpi harus serba kekurangan dan keterbatasan lalu bisa fight dan mewujudkan mimpi? Dijawab sama andrea hirata..Bukan berarti yang serba kecukupan tidak bisa fight dan yang kekurangan selalu bisa fight..Dan Andre Hirata bilang juga..Jika dulu saya tidak dalam kondisi serba keterbatasan,  saya bisa memperoleh lebih dari sekarang…better than now..

Trs ada peserta yang nanyain kabar Arai gmn? Dijawab lengkapnya kabar Arai di buku keempat Maryamah Karpov yang belum terbit

Doorprize juga banyak dibagi buat penanya pas acara tersebut..Sayang gak ketunjuk saking banyaknya yang tunjuk tangan…Tapi gak papa…Acaranya bagus…menambah semangat..

Aku tahu acara ini dari temenku, terus dateng ke acara ini ngajak temenku. Waktu pulang temenku bilang : “Makasih ya mbak untuk malam ini”.   Hmm…kadang “hanya sekedar” ucapan terima kasih terasa sangat berarti ketika hal yang diberikan menjadi sesuatu yang berharga..Mungkin acara td malam bagi temenku sangat berkesan..Tapi gak salah kok..acaranya memang cukup bagus…

3 thoughts on “Bermimpilah…..

  1. Hi…tertarik dgn acara grand openingnya…wah sayang diriku tdk tau info ini…padahal masih suka ke jogja….makasih ya dah numpang baca…

  2. Sering kali kita mengejar MIMPI

    Seolah – olah impian itu adalah TARGET

    Susah payah penuh pengorbanan mimpi DIKEJAR

    Setelah tercapai kita akan kembali BERMIMPI

    Hidup adalah untuk IBADAH

    Ibadah itu bukanlah BERMIMPI

    Karena ibadah adalah hidup HARI INI

    Memaksimalkan HARI INI dan DETIK INI

    Masa depan adalah MISTERI

    Masa lalu adalah HISTORI

    Mimpi hanya membatasi KEMAMPUAN

    MAKSIMALKAN HARI INI UNTUK MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

    http://fusion-kandagalante.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s