Media Lokal

Kadang di akhir pekan aku sering membeli koran, kalau tidak KOMPAS ya Kedaulatan Rakyat (KR), mungkin lebih sering Kompas. Kalau pulang ke rumah, ortu juga suka membeli koran. Di rumah kalau tidak KOMPAS ya lebih seringnya Suara Merdeka ( korannya jawa tengah ), atau dulu rutin setiap dua minggu sekali, bapak membeli Purworejo Post, sekarang sudah jarang, apa mungkin dah gak eksis lagi ya Purworejo Pos, aku kurang tahu infonya..

Entah kenapa, kalau Suara Merdeka..kok agak kurang antusias ya membacanya atau tidak seantusias baca KR..kadang aku bertanya, kenapa kok tidak membeli KR saja…dijawab bapak..ya Suara Merdeka saja yang beritanya jawa tengah..

Hmmm…aku jadi berpikir…iya juga yach..dirumah, khan termasuk Jawa Tengah..jadi korannya ya berita tentang jawa tengah..

Entah mengapa..aku jadi merasa lebih jogja daripada jawa tengah..dan lebih purworejo..daripada jawa tengah…

Mungkin karena jawa tengah, sangat luas tidak seperti jogja…dan wilayah purworejo yang disebelah barat langsung DIY…jadi lebih berasa dihati purworejo-jogja..daripada purworejo-jawa tengah..

kembali ke tentang media..Di KR aku suka membaca berita tentang Kulonprogo, gunung kidul, bantul, kota..meski itu sekedar hasil panen, peresmian sekolah, pendidikan atau berita yang lain..karena merasa kenal wilayah dan daerah tersebut..Selain media cetak, juga kadang suka melihat berita di RBTV atau Jogja TV yaitu Seputar Jogja dan Apa Kabar Jogja…

Sedangkan di koran Suara merdeka…kolom beritanya ada semarangan, sekitar kudus, pati dlll…agak kurang familiar..belum pernah kesana juga…jadi lebih memilih KR daripada Suara Merdeka…

Meski seharusnya tidak seperti itu juga sih….tetapi aku jadi berpikir agaknya efek kedaerahan sangat berpengaruh terhadap keterbacaaan sebuah media lokal..seperti di jogja ada KR, bernas, surabaya jawa post, bandung pikiran rakyat dan lain-lain..Hal ini kupikir tidak berlaku untuk KOMPAS yang merupakan koran segmen Nasional…meski disitu juga ada segmen JOGJA-JAWA TENGAH…namun karena segmen koran nasional…tidak terlalu berasa efek kedaerahannya….

Dan untuk koran Purworejo Pos, ku juga suka membacanya..paling gak jadi lebih tahu kondisi kabupaten sendiri…..

Yup…diatas sedikit cerita tentang media disekitarku…

3 thoughts on “Media Lokal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s