sesuatu di hari jumat

Sepeti biasa setelah senam pagi…pasti diumumkan silahkan menikmati sesuatu yang telah disediakan diruang makan..


Menunya bisa macam-macam..Kebetulan, menu yang ada, termasuk salah satu favoritku, yaitu bubur kacang hijau, dan bubur sumsum, meski kadang juga disediakan sesuatu yang lain seperti bakmi atau bubur dengan sayur tempe dan telur..
tapi tetep favoritku adalah bubur kacang hijau dan bubur sumsum..
BIcara tentang bubur sumsum dan bubur kacang hijau, ibuku sering banget membuatkan untukku..
bahkan, setelah ku di jogja, kalau aku pulang pasti sering dibuatkan juga bubur kacang hijau…
tapi aku lebih suka kacang hijau rebus ditambah gula..tanpa santan..seperti sari kacang hijau..
kurasa enak…dan lumayan bergizi..
Dua menu ini udah kucoba kupraktekkan membuatnya sendiri..
Untuk bubur sumsum aku perlu tiga kali mencoba sampai kudapatkan hasil yang boleh dibilang lumayan pas..
Percobaan pertama..tepung berasnya kebanyakan dan kekurangan air..sehingga tidak matang dan menjadi gumpalan tepung yang agak keras
sehingga waktuitu ada ide agar bisa matang, ditambah gula pasir biar manis, terus dibungkus daun pisang, terus dikukus..
Hmm..produk gagal lumayan menjadi seperti nagasari yang enak..
tapi bener kok..enak..manis..
percobaan kedua..mungkin sekitar seminggu setelah percobaan yang pertama..
karena yang pertama kekurangan air..akhirnya airnya dibanyakin
ternyata malah kelebihan air..tapi ya gapapa…udah berasa bubur
Akhirnya masih penasaran percobaan yang ketiga udah bisa kubuat bubur sumsum yang pas
dimakan dengan disiram air rebusan gula..
Hmmm…enak..
Tapi kalo boleh memilih lebih mudah membuat sari kacang hijau..
tinggal direbus ditambah gula…
Meski kadang kalau gak sempat tapi ingin makan sari kacang hijau..
aku membeli sari kacang hijau kemasan..
Tapi entah kenapa kalau di warung burjo aku kurang begitu menikmati..walaupun gak menolak sih..Ada satu tempat yang kusuka kacang hijaunya..
Yaitu di Super Puding..di sagan..Hmm…enak kacang hijaunya..
Meski gak membuat sendiri…setiap jumat berharap sesuatunya kacang hijau dan bubur sumsum…
Oya…tentang bubur, ada satu lagi yang kucoba dan ternyata enak..
Namanya Sutlac..ini bubur beras khas turki..Aku mengenalnya dari sebuah keluarga Turki yang kukenal di Yogyakarta, tapi sekarang sudah pindah ke Semarang..Aku mengenalnya, karena dikenalkan oleh temenku, dan kita lumayan akrab dan dekat dengan keluarga tersebut…
Kita kadang sering main ke rumahnya dan disajikan berbagai macam makanan khas Turki..
Kembali ke sutlac..Bubur ini dibuat dari campuran beras dan susu..waktu dihidangkan dicampur ditaburi dengan bubuk kayu manis serta lebih nikmat dihidangkan dingin atau ditaruh di kulkas dahulu..
Kalau yang ini aku pengin mencobamembuatnya sendiri..namun belum sempat..
Mungkin kapan-kapan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s