karya intelektual..

Cerita ini dimulai ketika aku mengingat tentang kegiatan pasar seni waktu disekolah SD yang kumengajar dulu..
Ketika itu untuk kegiatan kepanduan, setiap anak diminta untuk membawa hasil karya, dan nantinya setiap anak bisa saling menjual dan membeli hasil karya anak-anak yang lain..
Dengan ketentuan hasil karya maksimal dijual seharga 3 ribu rupiah..Pengumuman ini disambut meriah oleh anak-anak..
Tiba hari H pelaksanaan kegiatan, masing-masing anak diminta ke halaman depan sambil membawa hasil karya yang telah dibuat, kegiatan ini melibatkan 3 kelas untuk grade 3..
Masing-masing menawarkan hasil karya yang telah dibuat, ada berbagai macam, jadi ketika mereka bisa menjual hasil karyanya, maka mereka mendapatkan uang dan bisa membeli hasil karya teman yang lain yang disukai..Guru-gurupun bisa ikut serta membeli di pasar seni ini..
Banyak hal menarik yang kudapatkan di kegiatan ini
Salah seorang anak menawarkan hasil karyanya berupa resensi buku cerita, dia mengetik sendiri resensi yang dibuat, diprint dan diperbanyak, satu resensi buku dijual seharga 500 rupiah, kulihat banyak anak-anak yang lain tertarik untuk membelinya..
Ketika kulihat, hmm…memang bagus hasil tulisan resensinya, dan anak tersebut cerita bahwa resensi bukunya pernah dimuat di KOMPAS minggu, segmen anak..
Ada juga anak lain yang menawarkan hasil karya yang dia sebut GAME, dimana, dia tulis tangan sendiri sebuah game/permainan dalam bentuk sebuah buku, lumayan tebal, terdiri beberapa halaman, ditawarkan seharga 2000 rupiah, sambil berujar ditawar 1500 juga boleh….ku tersenyum mendengarnya…
Dan masih banyak karya-karya lain yang dibawa anak-anak sesuai kreatifitas m,asing-masing
Hmmm…satu hal yang bisa kutangkap…bahwa anak-anak telah menghasilkan bagiku bisa dianggap sebagai sebuah karya intelektual dengan hasil resensi, game, cerita bergambar dan lain-lain..
Dalam bayangan awal kita, kalau hasta karya biasanya berwujud benda-benda atau barang-barang kreatifitas dari kerta, kotak, dsb, namun ada anak-anak yang berinisiatif untuk membuat hasil karya lain yang berujud tulisan karena memang dia pandai menulis dan suka membaca, bahkan ada yang membuat game…
Yach..aku semakin takjub dengan kreatifitas anak-anak
Setidaknya kegiatan ini menumbuhkan anak untuk bisa berkreatifitas, menghargai hasil karya sendiri dan orang lain, menumbuhkan kepercayaan diri, menumbuhkan jiwa wirausaha juga dengan kegiatan jual beli, serta mampu membuat perhitungan ekonomi secara sederhana, ketika mereka membuat hasta karya dengan modal tertentu dan harus menentukan harga jualnya juga..
Sebuah kegiatan yang positif..
Sampai ketika kegiatan akan berakhir…seornag anak, yang memang senang dan gemar melukis, dan dia membawa hasil lukisannya..berujar..” Aku gak mau menjual hasil lukisanku disini, 3000 terlalu murah untuk lukisanku, aku akan menjualnya lain kali”
Memang di kegiatan ini, harga maksimal untuk hasil karya dibatasi 3000 rupiah..
Mendengar kalimatnya, mau tidak mau aku tersenyum juga, aku berpikir apa dia mau seperti pelukis2 yang terkenal ya..yang harga lukisannya bisa mencapai jutaan..
Iseng kutanyakan..memang mau dijual berapa?
Dengan santai dijawab, aku mau menjualnya 5 ribu rupiah…
Dua hal yang bisa kuambil, yang pertama, dia bisa menilai hasil lukisannya, serta berinisiatif untuk menjualnya dik kesempatan lain, karena harga melebihi ketentuan, dan dia tidak memaksakan harus dijual saat itu..Dan yang pasti mempunyai kepercayaan bahwa hasil karyanya akan bisa juga dijual di kesempatan lain dengan harga yang diinginkan..
Hmm..kupikir ide bagus..karena tidak semua anak berpikir seperti itu…
Yach..anak-anak sering sekali dengan kecerdasan dan kepolosannya menginspirasiku banyak hal..

One thought on “karya intelektual..

  1. kayaknya emang anak2 di negara kita memang kurang diberdayakan. kebanyakan guru atau orang tua hanya melihat anak sebagai “anak” (nothing more)
    bukan dipandang sbg subjek
    kebanyakan kita sering memandang anak dari sudut pandang orang tua, bukan sudut pandang anak sehingga mjd kurang nyambung dan kurang memahami dunia mereka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s