Ikan kembung goreng bumbu kuning

Lagi pedhe tingkat tinggi posting resep yang biasa ajah..tapi dicontek **hihi..bangga..

Jadi ceritanya pas setelah senam kan ada itu extra fooding alias pemberian makanan tambahan *posyandu kali* di kantor…pas ngobrol-ngobrol ini saya cerita kalo affan lagi suuuukkkaaaaa banget sama ikan kembung..sampe pernah jam 3 pagi bangun minta ikan kembung goreng..untungnya masih ada…dan bener2 dia say asuapin makan itu ikan kembung dan nasi…. sip lah..tapi tangan saya masih kesisa dikit warna kunyit..jumat pagi sebelum senam bumbuin ikan dulu buat soreĀ  *maluu

terus teman kantor cerita juga kalau ada ikan kembung thailan apa ya ..lupa deh..di carrefour yang katanya enak..dan biasanya cuman dimasak goreng biasa cuman bawang sama garam..terus si mbak minta resep ikan goreng kembung ala saya…*haha..lebay..padahal mah cuman goreng biasa

jadi bumbunya itu :

bawang merah, bawang putih, garam, kunyit (agak banyak), jahe dikit, ketumbar sama merica dikit, laos…diulek halus..terus dikasih air secukupnya..ikan kembung di gulingkan di kuah bumbu tersebut..simpan dilemari es….biar lebih meresap..lalu goreng…

Tips goreng ikan….hihi..maaf in penting bagi saya yang kurang piawai goreng ikan….dulu2 kan goreng ikan kembung suka lengket..tipsnya itu…biarkan minyak sampai panas betul baru dicemplungkan…dan tunggu atao tutup sampai bener2 kering ..baru deh di balik..biar ikan gak hancur….

*bukan hoak..hahaha..kapan2 perlu saya foto….

terus si mbak temen kantor bilang ” wah enak ternyata jadinya ikan gorengnya…

hahaha..saya jadi pemula yang mendadak pede… :-D

dan sembari posting ini..saya mengajak untuk GEMARI (gemar makan ikan)…haha..ini setelah saya baca di KR (kedaulatan rakyat) minggu kemarin bahwa konsumsi ikan di jogja lebih rendah dari rata2 nasional…. karena ternyata salah satunya anggapan orang jawa bahwa ikan itu ya bukan cuma ikan laut ato tawar tapi termasuk ayam dan daging sapi..contohnya gini ya nyebut masak ayam..tar kita bilang “iwak pitik” alias “ikan ayam” atao “iwak kebo” alias ikan kerbau…hahahaha……saya jadi guling2 ketawa ini…

memang di tempat saya itu nyebut iwak (=ikan) itu ya untuk ayam dan daging juga….

sementara itu di KR (koran kedaulatan rakyat) pemerintah jogja terus menggalakkan program GEMARI (Gemar makan ikan) salah satunya lewat ibu ibu PKK (ibu ibu tentu berperan [enting dalam hal penyediaan menu dirumah)…. karena ikan mempunyai banyak sekali manfaat seperti omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan…sangat baik untuk kecerdasan dan kesehatan..

dan diartikel itu disebutkan meski rata2 konsumsi ikan lebih rendah dari nasional..namun untuk ikan lele menduduki peringkat pertama nasional…hahaha…mungkin saking banyaknya penjual pecel lele kali ya…

Sudahkah ada menu ikan dalam menu Anda hari minggu ini sahabat?

PS. setelah saya baca ulang kok banyak hahaha..dalam postingan ini…ga jelas ini :-D

13 thoughts on “Ikan kembung goreng bumbu kuning

  1. betul..betul..betul..
    aku pernah baca itu ttg konsumsi ikan di jogja yg msh rendah, jg konsumsi susu di indonesia yg jg msh rendah..
    iya Bun, aku suka masak ikan…ikan beneran bukan ikan ayam atau ikan sapi…
    xixixi…..

  2. bun, beneran pasti resep sederhana ini akan berguna,
    dulu aja waktu ngekos pengen makan ikan kembung goreng kan nggak ada yg jual,
    masak sendiri bingung kok nggak enak,
    mau nanya temen malu :D

  3. Hahahah emang bhs Jawa itu seru….daging disebut ikan (iwak), bingung kan? alau saya sih paling suka ikan mas, dibumbu kuning juga. Tapi teh Dela yang masak…duh enaknya :D

  4. Hi BunAff, maap yah Mba ekye baru mampir dimari lagi. Setelah ada 2 buntut ko rasanya tiap hari kaya lagi atraksi sirkus. Hueboooohhh :-)

    Kami jga disni lebih suka ikan daripada ikan ayam (hihihi. ini mah labil judulnya. doski ikan ato ayam seh??). kalo Zahia paling suka ikan patin. Mungkin karena dagingnya lembut & manis. Terus masaknya juga dibikin sup ajah. kalo yang tua2 (baca: gw, Abang, Uti) ikan apa ajah dihajar. Asal jangan ikan hiu deh, ngeri masaknya coz ga punya wajan yang gede :-)

    Salam metal buat Affan dari Double Zee

    NB: Baca postingan2 sebelumnya tapi ga komen. Congrats yah Aff udah lulus TT. Ga ada kata terlambat Bun. Lagian kalo umur 2 taun lulus TT dibilang telat, gimana dengan Zahia yang baru lulus TT umur 3 taun :-)

    • Hai hai..bunda double Z… eh ini beneran bundanya kan yak..bukan ayah double zee… xixixi..

      ho oh…makasih banyak ya jeng….

      seneng deh ya pastinya dah double nih putranya..

Leave a Reply

