Kamus perkembangan bayi dan balita

Buku diatas adalah buku kamus perkembangan bayi dan balita terbitan essensi, grup erlangga.. untuk buku2 umumm, saya suka dengan buku terbitan erlangga, menurut saya bahasa yang digunakan enak, membacanya jadi enak.. Saya jadi inget, saat saya SMA buku pelajaran kayak matematika atau sains saya lebih suka terbitan erlangga juga..

Buku Kamus perkembangan bayi dan balita yang saya beli saat hamil, membantu sekali.. buku itu berisi lumayan lengkap tentang bayi seluk beluk newborn (0-1 bulan), perkembangan bayi besar 1-12 bulan, 1-2 tahun, dan balita (2-4 tahun)… diulas dengan paparan dan juga ada pertanyaan dan jawaban. untuk bayi baru lahir, ada gimana cara menggendong, mengganti pakaian, popok, perkembangan, pola asuh dll. Pun demikian untuk usia sampai balita dibahas tentang kesehatan, perkembangan. buku setebal 256 halaman, lumayan lengkap mencangkup berbagai informasi seputar tumbuh lengkap. per item judul biasanya dibahas 1-2 halaman, jadi sebagai referensi atau acuan, tapi untuk topik topik tertentu masih belum dibahas lengkap.

Tahu tidak, buku Kamus perkembangan bayi dan balita ini, saya bawa juga ke RS saat saya mau proses melahirkan…hihi..waktu itu masih sy baca juga..sampai kakak saya yang bidan yang menunggui saya bilang gini “weeh..lha kok sek dibawa malah buku perkembangan..itu tar..buku persalinan aja”.. hehehe..

saya menyadari, bahwa saya awam banget tentang dunia baby, karena saya tidak punya adik, dan ponakan saya jauh, jadi sy jarang banget berinteraksi dengan bayi, apalgi bayi baru lahir, dan kalau nengok bayi baru lahir, saya bilang : saya belum berani gendong, tar aja kalau dah gedhean ” :-) saya akui, saya pada awalnya belum fasih atau luwes menggendong bayi lahir, namun seiring waktu Alhamdulillah semua jadi mudah.. :-)

percaya atau tidak, pas halaman newborn yang bahasan tentang mengangkat dan menggendong, saya perlu baca itu berulang ulang saat si kecil dah lahir, terutama bagian memasukkan tangan menaruh tangan hahaha tampak ribet ya baca penjelasan kalimatnyasaya memastikan cara mengangkat dan menggendong saya benar..hihi..

Saat mengangkat, ajaklah si kecil berbicara dan sentuhlah ia untuk memberitahu bahwa anda di sisinya agar ia tidak kaget dengan gerakan yang tiba-tiba. Angkat kakinya sedikit agar anda bisa memasukkan tangan di bawah tubuhnya untuk menopang punggung dan kepala. Setelah itu dengan salah satu tangan berada di bawah punggung dan kepala, dan tangan yang lain di bawah bokongnya, angkat bayi sambil terus mengajaknya berbicara. Saat meletakkannya, posisi tangan anda tetap di bawah kepala dan bokong bayi, lalu geserkan tangan anda dari bawah badannya.

Disamping itu, saya juga banyak bertanya ke ibu atau saudara saya, awal awal yang mandiin baby adalah ibu saya :-) Saat masih di RS setelah lahir, pas malam saat saya hanya tidur dengan baby dan suami, keluarga saat proses melahirkan ada 2 mobil penuh menunggui di RS hehe, namun saat dah perawatan dah pulang.. Saya sm suami hihi, jujur sampai berkeringat banyak banget, belajar gimana mengasuh newborn.. saat malamnya Affan bolak balik nangis, baru pulas tertidur jam setengah 3 an.. kita panik, sampai gugling segala, arti tangisan bayi haha.. well, sampai pada kesimpulan, baby baru lahir mengungkapkan segaka sesuatu dengan tangisan, jadi bukan bearti dia ada yang sakit atau tidak nyaman, mungkin bisa karena kepanasan, haus, pipis, pup, kedinginan dll…

Saat malam itu juga, pas saya dan suami masih agak kikuk gimana menggantikan baju bayi, hihi.. *ya ya ya..saya ibu baru yang kurang pengalaman*.. adiknya suami saya, cowok, 23 tahun, single, dengan pedenya ngajarin kita : langsung ngangkat baby dan bilang “gini loh caranya” whahaha..setelah kejadian di RS itu kita pikir-pikir, si adek ini sok banget gitu ya..hihi…tapi membantu banget dia..

oiya, sama minta ajarin bedong sama suster :-D Setelah itu, Alhamdulillah dengan dukungan keluarga, teman, kami terus belajar bagaimana mengasuh bayi..

kalau sekarang tentu tidak terbatas teori-teori tentang gimana menggendong, mengganti popok, memberi asi, menyusui, dll…tapi bagaimana kami terus belajar juga untuk bisa menjadi orang tua yang baik yang mampu mendidik, mengasuh membentuk generasi…

Ya, Allah, bimbing kami terus untuk dapat menjaga amanahmu..

kembali ke buku perkembangan bayi dan balita diatas, untuk bagian bawah dua tahun (1-2 tahun) pembahasan diperinci misalnya untuk bahasa, koordinasi tangan dan mata, gerakan,perkembangan emosi, perkembangan sosial dibahas per rentang usia 12-14 bulan, 15-18 bulan,19-21bulan, 22-24bulan. bisa jadi panduan dan arahan juga membaca ini. namun tidak semua bisa plek teori atau buku, karena setiap anak unik, dan inihanya jadi salah satu referensi aja.

Oiya, belakangan Affan lagi seneng banget main air, apalagi main tuang – tuang, kalau pas mandi mesti bilang minta ciduk ciduk (=gayung), untuk dia ambil air trus dituang ke ember lain dll.. dan gak mau brenti, kalau kita angkat, bilang dah selesai mandinya, pesti gak mau … dan nangis.. maunya main air terus.. kalau pagi dah bilang “mandi” minta mandi, terus tar di kamar mandi minta “ciduk” buat main main ..seringnya nangis, karena meski kita dah kasih kesempatan setelah mandi tuk main bentar, tetep masih kurang hahaha..

eh pas baca buku perkembangan bayi dan balita , tuk rentang usainya Affan tertulis salah satunya begini :Ia dapat menuangkan air dengan tepat dari satu wadah ke wadah lainnya, dan mulai membuat coret-coretan di kertas dengan krayon” hihihi..saya jadi kepikiran, apa saya terlalu membatasi Affan dalam bereksplorasi ya? soalnya kan meskipun dia masih main main,ya, mainan tuang menuang, tapi terus kita angkat dari kamar mandi dan affan nangis..bila dah kelamaan. tapi waktu yang kita kasih dari kita seringnya affan masih kurang. Tapi kita pikir2, kita kasih penjelasan ke Affan, mandinya sudah, mainnya besok lagi. tapi ya nangisnya bentar, terus kita alihkan perhatiannya, mainan yang lain, berhenti. Dan mungkin, biar anak juga tahu ada peraturan yang mesti di patuhi terkait waktu *ah…saya masih perlu banyak belajar lagi*

Ngeliat Affan yang lagi suka banget main air, kemarin, Affan saya ajak berenang .. dah lumayan lama, tidak berenang, krn waktunya blm sempat *sok sibuk*.. dan tarrra..seneng banget dia..belum diganti baju..eh dah mau lari aja ke kolam .. teriak teriak “ena ena (=renang)” ai ai ai (=air).. puas deh si Aff main main di kolam..kapan kapan kita renang lagi yak..

oiya, selain buku diatas, ada juga buku bagus terbitan intisari, berjudul Bayiku Anakku, mengulas seluk belum dunia bayi dan balita..saya juga suka gaya penulisannya…

 

9 thoughts on “Kamus perkembangan bayi dan balita

  1. Bagaimanapun …
    Untuk hal-hal ketrampilan seperti ini …
    membaca buku saja tidak cukup …
    memang harus di praktekkan secara langsung …

    Dan yes indeed …
    celakanya tidak ada sekolah bagaimana menjadi orang tua yang baik …
    Tetapi … semua Bisa karena Biasa …
    Yang didasari Cinta Kasih tentunya … membuat semuanya menjadi ringan saja

    salam saya BunAff

    • iya..betul betul pak dhe Nh.. Dgn kasih sayang semua menjadi ringan..
      Salam juga dr kami.. Trimakasih Pak dhe Nh

  2. kalo gw dulu secara ga mo keluar modal jadi cari2 artikel di internet, terus di print di kantor, dijilid. Huehehe, ajdi deh sebuah buku lengkap dengan koleksi artikel dari Majalah Ayah Bunda.

    Btw maap yah Mba baru main kesini lagi. Soalnya di link blog gw tulisan Mba masih yang mengenai Idul Adha. Mmmmmm kenapa bisa ga apdet begitu ya??

  3. Pingback: komunikasi dengan anak « Langkahku……

Leave a Reply

