Mengurus Akte Kelahiran

Akte kelahiran Affan baru jadi hari jumat kemarin (11 Juni 2010). ya, ini termasuk telat banget, menguras keringat eh mengurus akte ini agak lumayan berbelit dan ya karena ini melibatkan 3 kabupaten dan ada banyak kesalahan data hahaha.

jadi, setelah kelahiran Affan, saya tau bahwa di RS sardjito, tempat affan  lahir melayani juga pelayanan akte alias membantu membuatkan akte. Akte bisa diurus hanya dengan surat kelahiran dari RS dan KTP ayah ibu si baby, bila mengurus melalui RS tidak kurang dari 2 minggu setelah lahir, bila lebih maka harus jugamenyertakan Kartu keluarga.

Kami belum memiliki kartu keluarga (KK)  sendiri, jadi si anak harus masuk ke KK dimana ibunya tercantum di KK. Dan KTP yang disertakan pun KTP yang telah berstatus kawin. saya dan suami waktu itu memang belum mengurus KTP baru, masih pakai KTP lama yang masih berlaku tapi memang buatnya sebelum menikah , jadinya judulnya masih belum kawin hehehe.

Waktu berlalu dengan cepat, kami tidak sempat mengurus, akhirnya dahlebih sebulan, dimana kalau lebih dari sebulan, mengurus akte melalui RS lebihbanyak syaratnya dan juga kena denda biaya. jadi kami memutuskan mengurus sendiri aktenya. FYI, menguruskan akte melalui RS kena charge yang lebih mahal.. ya iyalah..namanya juga diuruskan.

kami tinggal di daerah kabupaten sleman, namun kami belum memiliki KK sendiri dan KTP kami (saya dan suami) masih KTP kabupaten masing2. Jadi syarat untuk mengurus KK bagi kami :

1. KTP suami istri (kami masing2 buat lagi, untuk mengubah status menjadi kawin), karena waktu setelah nikah, KTP kami belum expired jadi belum kami urus meski status telah berubah *jangan ditiru*

2. Surat kelahiran anak dari desa, kalau surat lahir dari RS belum berlaku karena belum mendapat nomor induk penduduk. Untuk mendapatkan surat kelahiran anak dari desa diperlukan surat catatan lahir dari RS. Ssat menerima surat catatan lahir dari RS pastikan cek dengan teliti data2nya baik tanggal lahir dll. karena teman saya , akte lahir anaknya tanggal lahirnya salah, dikarenakan surat catatan lahir dari RS salah tanggal lahirnya. Sementara pengurusan di RS lebih ribet kali ya…

3. Nama anak tercantum di Kartu Keluarga (KK) ibunya. Tuk pengurusan dilengkapi fotokopi KK. jadi Affan saya masukkan di KK orangtua saya, sebagai cucu. Nha pengurusan KK ini yang agak bermasalah…lama banget baru jadi. data-data kami lengkap, namun setelah diterima, eng ing eng…dah nunggu jadinya lama pe bulanan.. eh kok ya yang salah saya itung ada belasaan… tanggallahir anak saya salah besar… *sy heran sendiri..wong data pengurusan KK lengkap dan jelas gitu..kok KK nya salah gitu tanggalnya* . masalah lain akan sy ceritakan tar..

4. Fotokopi surat nikah

5. Mengisi surat permohonan (ada di kantor catatan sipil)

kami memutuskan untuk mengurus akte kelahiran di Kabupaten Sleman yogyakarta. Di sisni ketentuannya :

1. Pengurusan akte lahir saat usia anak kurang dari 2 bulan (ini yang tertib), gratis, hanya membayar 5ribu tuk biaya ganti laminating dan cetak kayaknya.. dan ini kategori tidak terlambat.

2. Pengurusan akte saat usia lebih dari 2 bulan – setahun. Ini termasuk kategori terlambat. Ada berkas pengurusan keterlambatan yang diisi oleh pihak catatan sipil. Biaya 35 ribu.

3. Pengurusan akte saat usia anak lebih dari setahun. ini termausk kategori yang harus melalui persidangan di pengadilan negeri kabupaten. Biaya lebih mahal, sampai 200ribu. Selainmengurus di kantor catatan sipil, diwajibkan juga sidang di pengadilan negeri dengan membawa saksi. dan tarnya di cetakan akte lahirnya ada sedikit beda, karen adipinggir tertulis juga : berdasarkan penetepan Pengadilan negeri bla bla bla…..

So, saya termasuk kategori dua, pengurusan kurang dari setahun. Sam prosedur kyk yanggak terlambat, cumannambah biaya keterlambatan 30 ribu.

1. Pengurusan pertama

……

Setelah KK yang bikin pegel diati karena salah fatal itu, dah diurus tuk diperbaiki, berkas kita masukkan ke kabupaten Sleman. Well.. ternyata masih belum diterima, ternyata KK dari kabupaten purworejo menuliskan Affan lahir di yogyakarta, padahal RS Sarjdito masuk wilayah kab. Sleman. So, kita mesti urus lagi KK nya.

2. Pengurusan kedua

…..

Belum diterima lagi, karena ternyata pihak kecamatan yang membuat KK kreatif dengan mengubah nama yang menyebabkan nama anak tidak konsisten dengan nama yang aa di surat kelahiran. KK harus diurus ulang lagi.

3.  Pengurusan ketiga. Alhamdulillah dah fix, berkas diterima semua dan dah diproses, tinggal di ambil aktenya.

Kelengkapan pengurusan KK di daerah sleman bagi yag ber KTP diluar kab. sleman dan belum mempunyai KK sendiri:

1.  copy Surat kelahiran dari desa

2. copy KTP kedua orang tua

3. copy KK, dimana nama anak tercantum di KK wilayah ibunya

4. copy surat nikah

5. Mengisi blanko surat permohonan

Menurut saya, pelayanan pengurusan akte di kantor catatan sipil kab. sleman cukup ringkas. Datang, mengisi blanko,menyertakan blanko dan seluruh kelengkapan berkas. Diproses oelh petugas. Setelah di cek  dan diterima, kita diberi form untuk mengambil akte. saya mengurus akte hari senin, pengambilan/akte selesai hari jumat.

Note: buat yang bersiap menanti kelahiran si buah hati, penting untuk menyiapkan tentang pengurusan akte lahir ini… saya baru mikir ini setelah affan lahir *jangan ditiru, dan awal2 kelahiran belum sempat mengurus..dan juga terjadi kesalahan data di KK dsbnya…menyebabkan pengurusan terlambat..meski Alhamdulillah gak lebih daru usia anak setaun, jadi gak pakai persidangan segala…..

beruntungnya, untuk pengurusan tunjangan anak di kantor, sudahbisa hanya dengan memakai surat keterangan lahir dari desa, tidak perlu akte. So , tunjangan anak gak perlu telat sampai setahun.. :-)

10 thoughts on “Mengurus Akte Kelahiran

  1. Allhamdulillah kalau akte nya sudah jadi. Waktu Alvin hanya membutuhkan waktu 2 minggu , itu juga pihak rumah sakit yang ngurus.

    Oh ya ada teman yang mengurus aktenya ke pengadilan lebih dari 200rb loh, mbak. dia sudah keluar uang 500rban.

    Semoga bisa dijadikan pelajaran buat teman-teman yang mau mengurus akte kelahiran anak.

  2. Sekedar info jeng, di sarjito pun perlu KK juga yg mesti kita urus sendiri, berangkat dari info ayahnya affan beberapa jam setelah adek lahir si-Abi langsung mo ngurus akte,niate yo lewat sarjito…jebul perlu KK juga itu tadi,dan dipikir-pikir enakan ngurus sendiri,ke catatan sipil urusannya mudah dan yg jelas jauh lebih murah…he3

  3. ma kasih buat artikelnya, bermanfaat buat saya yang lagi cari rujukan pembuatan akte buat buah hati saya, kebetulan saya termasuk ke kategori tiga karena anak saya sudah lebih dari dua tahun, saya sudah mengajukan permohonan ke PN setempat… yang jadi ganjalan adalah perkiraan biaya yang harus keluar ketika proses baik di PN maupun di Dinas Kependudukan… he3x jadi warga yang baik repot juga ya… salam kenal… :)

  4. ini lah indonesia sudah sosialisasinya kurang warganya sendiri di repotkan dengan administrasi yang ribet banget .. insonesia nidonesiaku.. kapankah kau berubah..

  5. Urus akte kelahiran, kalau tidak masuk katagori TELAT memang mudah dan murah, tetapi jika kita TELAT ngurusnye wah-wah cape and pegel ati and duit…au deh pemerintah jangan bikin suseh rakyatnye yang udah pade suseh…hidup…amin

  6. saya juga pusing nich ngurus akte anak , KTP sama KK saya bekasi sedangkan anak lahir di kampung mesti bolak balik kesana kemari ngurusnya ….kebanyakan prosedur … capeeeeeeeee dehhhhhhhhh

  7. iya anak saya sudah masuk kk saya tapi suami masih ikut kk orang tua.masalahnya mertua saya gak mau ngasih fotocopy kk yang baru.saya bingung mesti gimana????di ctatan sipil harus pakai yang baru. apa karna hal ini anak saya gak bisa punya akta.

  8. saya ktp dan KK semua di jakarta,tetapi saya mau ganti nama aja dan semua surat2 saya biar pk nama baru.bagaimana bs apa tidak?

  9. الْحَمْدُ للّهِ رَبّالْعَالَمِي
    Beruntung nemuin blog ini, detail banget. anaku dah menginjak 8 bulan tapi blm sempat urus akte. Sekalian mau tanya nih, kalo sudah ada surat kelahiran dari desa berarti yg sk dari RS dipakai urus akte kan? Satu lagi, surat keterangan dari desa ada masa berlakubya ga yah?? Heehhehe kayak makanan

Leave a Reply

